Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Pusat Penelitian dan Penerbitan atau Puslitpen UIN Jakarta menggelar Coaching Pengelolaan Jurnal, Selasa (18/1/2022). Kegiatan diharap membantu manajemen jurnal-jurnal baru dan jurnal-jurnal lama yang akan mengajukan akreditasi.

Pelatihan pengelolaan jurnal dibuka Kepala Puslitpen UIN Jakarta Dr. Imam Subchi M.Si dengan menghadirkan narasumber Pengelola Rumah Jurnal UIN Jakarta Yazid Hadi. Pelatihan sendiri diikuti puluhan peserta pengelola berbagai jurnal di lingkungan fakultas dan program studi UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, Imam mengungkapkan, akreditasi jurnal ilmiah di lingkungan UIN Jakarta menjadi salah satu target serius UIN Jakarta. Puslitpen sendiri menjadi unit yang dipercaya menjadi motor utama proses akreditasi berbagai jurnal ilmiah universitas.

“Memperbanyak akreditasi jurnal ilmiah merupakan target serius UIN Jakarta,” katanya.

Selain akreditasi, UIN Jakarta juga mendorong penerbitan jurnal-jurnal baru di lingkungan program studi. Dari total 63 program studi di lingkungan UIN Jakarta, hanya 34 program studi atau baru separuh program studi memiliki terbitan jurnal. “Ini perlu menjadi perhatian bersama,” imbuhnya.

Imam menambahkan, Puslitpen UIN Jakarta sendiri memiliki alokasi hibah bantuan jurnal bagi jurnal-jurnal baru dan ingin melakukan proses akreditasi. Hibah bisa digunakan untuk menyempurnakan OJS dan menjaring artikel-artikel jurnal berkuatlitas.

Menambahkan keterangan Imam, Yazid mengungkapkan, Rumah Jurnal UIN Jakarta juga siap memberikan dukungan bagi jurnal-jurnal baru dan jurnal yang akan mengikut proses akreditasi untuk membenaji OJS dan mengundang para penulis.

“Kita akan kawal terus. Minimal jurnal yang akan melakukan akreditas mendapat SINTA 4. Jika di atas itu, lebih baik,” imbuhnya.

Dalam telusuran BERITA UIN Online, terdapat sekurangnya 80 jurnal diterbitkan program studi, fakultas, dan lembaga. Sebagian jurnal-jurnal ini terakreditas SINTA atau bahkan terekognisi sebagai Jurnal SCOPUS.

Selain itu, berbagai jurnal ini memiliki fokus beragam seperti keislaman, politik, kedokteran, hingga pertambahan. Diantaranya Jurnal STUDIA ISLAMIKA, Islamic Business Law Journal, Jurnal Ilmu Syariah AHKAM, JOCCMES atau Journal of Chemistry and Chemistry Education in Muslim Society dan Al-Fiziya: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics. (fadhlan/zm)

Share This