Ruang Diorama, BERITA UIN Online— Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis menyampaikan capaian kinerja sepanjang tahun 2021 kepada Senat Universitas, Rabu (26/1/2022). Rektor mengungkapkan berbagai program kerja berhasil direalisasikan dengan prosentase indikator kinerja utama (IKU) yang melebihi target.

Penyampaian laporan dilakukan Rektor didampingi para wakilnya dengan mempresentasikan berbagai capaian program sepanjang tahun 2021. Sidang sendiri dipimpin Ketua Senat UIN Jakarta Profesor Abuddin Nata dan dihadiri para ketua bidang dan anggota senat lainnya.

“Laporan ini pada hakekatnya merupakan kewajiban dan upaya memberikan penjelasan mengenai akuntabilitas terhadap kinerja yang dilakukan selama tahun bersangkutan,” ungkapnya.

Secara umum, pencapaian berbagai program kerja sepanjang 2021 dibagi ke dalam aspek keuangan dan layanan. Keduanya diturunkan dalam 11 IKU.

Pada aspek keuangan, terdapat empat IKU yang ditetapkan. Keempatnya yaitu prosentase pendapatan PNBP atas biaya operasional, realiasi PNBP BLU, realisasi BLU hasil kerjasama, dan modernisasi pengelolaan keuangan BLU.

Prosentase PNB atas biaya operasional misalnya mencatatkan realisasi 70,51% dari target 59%. Begitu juga realisasi PNBP BLU, realisasi PNBP BLU hasil kerjasama, dan modernisasi pengelolaan keuangan BLU yang masing-masing mencatatkan realisasi di atas target yang ditetapkan.

Di aspek layanan, berbagai IKU juga mencatatkan realisasi dan capaian di atas target. Diantaranya prosentase lulusan langsung diserap pasar kerja, lulusan dengan prestasi tingkat nasional, keterlibatan dosen dalam tri dharma di kampus lain, dosen berkualifikasi S3, keluaran penelitian dan pengabdian terekognisi, program studi yang menjalin kerjasama, dan nilai rata-rata akreditasi progrma studi.

Raihan Prestasi

Lebih lanjut Rektor juga menyampaikan berbagai penghargaan yang diraih UIN Jakarta sepanjang tahun 2021. Diantaranya meraih anugerah ADIKTIS ke-2 untuk kategori akreditasi A terbanyak program studi, profesor terbanyak, mahasiswa berprestasi internasional, paten, jurnal terindeks SCOPUS.

Prestasi lainnya akreditasi A untuk perpustakaan, e-SMS tertinggi se-PTKIN, dan PTKIN BLU Terbaik, dan 50 top nasional pemeringkatan Webometrics. Terakhir, AD Scientific Index menempatkan UIN Jakarta dalam urutan ke-2 terbaik Indonesia pada kategori Top 5.000 Scientiests.

Rektor menambahkan berbagai realisasi dan capaian sepanjang 2021 tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas akademika UIN Jakarta. Ia berharap sivitas terus bekerjasama merealisasikan program-program pengembangan akademik UIN Jakarta di tahun 2022.

“Kami sangat berharap dukungan dan kontribusi para guru besar, dosen, dan tenaga kependidikan UIN Jakarta untuk bekerja bahu membahu, saling memotivasi, saling membantu dan mengingatkan untuk kemajuan UIN Jakarta yang kita banggakan,” harapnya. (zm)

Share This