Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Televisi dan Radio (TVR) Parlemen Senayan bekerja sama dengan Pusat Karier UIN Jakarta akan menggelar acara bertajuk “TVRDAY’s. Kegiatan berlangsung pada 7-8 Juli 2022 di Ruang Diorama Auditorium Harun Nasution kampus UIN Jakarta.

Demikian disampaikan Direktur Pusat Karier UIN Jakarta Salamah Agung kepada BERITA UIN Online di Gedung Rektorat, Rabu (6/7/2022). “Kegiatan digelar dalam tiga sesi, yakni seminar dan sosialisasi TV Parlemen, sesi pengetahuan praktis di bidang jurnalistik, serta sesi casting presenter” katanya.

Salamah mengatakan, kegiatan TVRDAY’s merupakan program kerja sama yang bertujuan guna memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis dunia jurnalistik, khususnya TVR Parlemen, kepada para mahasiswa.

Dalam kedua sesi tersebut mahasiswa bukan hanya akan menerima pengetahuan dan wawasan mengenai TVR Parlemen melainkan pengalaman praktis di dunia jurnalis.

“Saya kira kegiatan ini sangat positif dan banyak manfaat, terutama bagi para mahasiswa yang ingin berkarier di dunia siaran (broadcasting) atau media lainnya. Karena itu kami mengajak kepada para mahasiswa atau peminat lain agar dapat mengikuti kegiatan tersebut,” terang Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) itu.

Kegiatan TVRDAY’s digelar selama dua hari. Hari pertama (7 Juli) sesi pertama berupa seminar dan sosialisasi TVR Parlemen bertema “Optimalisasi Media Internal DPR RI dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik”. Seminar akan diisi oleh dua narasumber, yakni Indra Pahlevi (Kepala Biro Pemberitaan Parlemen) dan Kawiyan (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah DKI Jakarta).

Sesi kedua berupa pengayaan materi mengenai Teknik Dasar Jurnalistik dan Skill Presenter yang diisi oleh Muzakir Husain (Jurnalis Senior), Yuslihayanti (Redaktur TVR Parlemen), dan Jaka Sindu (Redaktur TVR Parlemen).

Adapun hari kedua (8 Juli) sesi ketiga, berupa Casting Presenter dan Review hasil casting. Di sesi ini acara akan menampilkan kemampuan para peserta menjadi seorang presenter TV dan Radio.

“Sebelumnya kita memang telah membuka pendaftaran kompetisi pembuatan video reportase, termasuk casting menjadi presenter. Hasil casting nanti akan direkrut menjadi tenaga presenter di TVR Parlemen,” jelas Salamah. (ns)

Share This