Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri Masuk (SMM) PTN-BARAT 2022 sesi pertama dan kedua yang dijadwalkan hari ini, Kamis 30 Juni 2022, diundur. Khusus pendaftar di lokal UIN Jakarta, kegiatan ujian dijadwalkan dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2022, di jam sesuai sesi masing-masing.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK) UIN Jakarta Dr. Jaenuddin MA menuturkan penyesuaian dilakukan sehubungan adanya kendala teknis di aplikasi UTBK SMM PTN-Barat 2022 tingkat pusat. “Sehubungan dengan adanya kendala teknis itu, dengan ini kami sampaikan perubahan jadwal UTBK untuk sesi pertama dan kedua,” ujarnya.

Seharusnya, ungkap Kepala Biro Jaenuddin, seleksi UTBK SMM-PTN Barat Sesi pertama dan kedua dilakukan hari ini. Rinciannya, sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 07.45-11.30 WIB dan sesi kedua dilaksanakan mulai pukul 13.00-16.45 WIB.

Namun karena adanya kendala teknis aplikasi SMM PTN-Barat di tingkat pusat, sambungnya, peserta seleksi di lokal UIN Jakarta dijadwalkan melakukan ujian pada Selasa 12 Juli 2022 mendatang. Sesi pertama dimulai pukul 07.45-11.30 WIB disusul sesi kedua pukul 13.00-16.45 WIB.

Setiap perkembangan terkait pelaksanaan SMM-PTN Barat akan terus disampaikan pihak UIN Jakarta melalui website maupun akun media sosial resmi UIN Jakarta. “Mohon untuk selalu memantau website dan media sosial resmi UIN Jakarta dan Panitia Pusat SMM PTN Barat,” tambahnya.

Untuk informasi umum, peserta juga bisa mengakses informasinya dari di laman website dan akun media sosial resmi panitia pusat SMM-PTN Barat. Laman website dan akun resmi media sosialnya adalah https://smmptnbarat.id/ dan media sosial yaitu @smmptnbaratofficial (instagram), @smmptnbarat_ofc (twitter), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (facebook), SMMPTN Barat Official (Youtube), dan @smmptnbaratofficial (tiktok).

Diketahui, SMM-PTN Barat merupakan salah satu jalur seleksi calon mahasiswa yang ditawarkan 25 perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Barat Indonesia. Selain UIN Jakarta, PTN lainnya adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Riau, Universitas Andalas, UIN Jakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Terpisah, dalam keterangan resminya, Ketua Panitia SMM-PTN Barat 2022 Prof. Dr. Aras Mulyadi menuturkan pelaksanaan UTBK SMM PTN Barat kali ini untuk UTBK sesi 1 dan 2 pada Kamis ini (30 Juni 2022) terpaksa ditunda karena ada kendala teknis. Selanjutnya, penjadwalan ulang seleksi peserta yang diserahkan kepada PTN masing-masing.

“Panitia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan mengucapkan terima kasih atas pengertian dari semua fihak yang terlibat dalam pelaksanaan UTBK SMM PTN-Barat 2022,” tambahnya. (zm)

Share This