Ciputat, Gedung Rektorat-– Yayasan Baitul Maal PT Perusahaan Listrik Negara ( YBM PLN) berkomitmen menyalurkan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa bagi mahasiswa UIN Jakarta. Komitmen ini dituangkan dalam kerjasama pendidikan antara YBM PT PLN dengan UIN Jakarta yang ditandatangani pimpinan kedua lembaga di Gedung Rektorat, Rabu (12/2/2020).
Hadir mewakili penandatangan pihak YBM PLN Ketua Bidang Koordinator Unit dan Kerjasama Strategis Herry Hasanuddin dan Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis. Penandatangan sendiri dihadiri sejumlah pimpinan UIN Jakarta lainnya seperti Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Andi Faisal Bakti dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Masri Mansoer MA.
Usai penandatanganan, Herry mengungkapkan, YBM PLN berharap kerjasama penyaluran beasiswa mahasiswa dengan UIN Jakarta menjadikan YBM PLN ikut terlibat dalam meningkatkan pendidikan SDM yang unggul di tanah air. “Juga memberikan kesempatan bagi dhuafa sehingga mereka juga memiliki masa depan cerah, cemerlang dan bisa menggapai cita-cita,” paparnya.
Beasiswa sendiri, sambung Herry, bersumber dari dana zakat yang dihimpun YBM PLN dari seluruh pegawai Muslim perusahaan pelat perah yang bergerak di sektor kelistrikan. Para pegawai ini menitipkan 2,5 persen kepada YBM PLN sebagai zakat atas penghasilan yang mereka terima setiap bulannya.
Selain zakat, merujuk profil YBM PLN sendiri, lembaga zakat ini juga mengelola infaq, sedekah, dan berbagai bentuk kedermawanan lain. Dana yang didapat dikelola untuk disalurkan dalam sejumlah program seperti beasiswa, pemberdayaan ekonomi, pembiayaan kesehatan, dan sosial kemanusiaan.
Beasiswa sendiri, sambungnya, mencakup pembiayaan kewajiban sumbangan pembinaan pendidikan mahasiswa berdasar standar beban pembiayaan semesteran masing-masing. Beasiswa diberikan selama delapan semester atau empat tahun masa studi.
Selain memiliki prestasi akademik dan non akademik, sasaran beasiswa YBM PLN adalah mahasiswa dengan kemampuan ekonomi prioritas bantuan. “Kami, khususnya untuk kaum dhuafa,” terang Herry lagi.
Di tempat yang sama, Rektor Amany menyampaikan terima kasih atas kepercayaan YBM PLN untuk menyalurkan bantuan beasiswanya ke mahasiswa UIN Jakarta. Menurutnya, UIN Jakarta memiliki banyak mahasiswa berprestasi tinggi sekaligus juga butuh bantuan pembiayaan.
“Secara pribadi dan mewakili sivitas UIN Jakarta, kami menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari YBM PLN. Semoga ini membantu mahasiswa yang membutuhkan, YBM PLN juga bisa terus berkembang sehingga bisa berkontribusi secara berkelanjutan,” harapnya. (adt/mi/hmn/zm)

Share This