Gedung FITK, BERITA UIN Online– Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar workshop pada Rabu, (21/8/2019) di Ruang Sidang FITK lt 2.

Dalam workshop bertajuk “Tapping the Research Potential” ini dihadirkan Profesor Mark Smith narasumber dari University of Dundee Skotlandia. Acara dihadiri oleh dekanat dan sekira 50 dosen FITK dengan moderator Ketua Prodi TBI Didin Nuruddin Hidayat PhD.

Dalam presentasinya, Mark Smith menjelaskan bahwa research projectnya berkolaborasi dengan para peneliti di Nepal tentang Global Mental Health and Social Work.

“Riset lintas disiplin sekarang sedang tren dan sangat penting dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat,” ujar Mark.

Setiap negara, lanjutnya, memiliki keunikan masing-masing, sehingga melahirkan pola riset tersendiri. Dalam riset, urainya, yang terpenting bukan hanya hal yang bersifat akademis (jurnal dan lain sebagainya), akan tetapi kebermanfaatan hasil riset tersebut di masyarakat.

Dalam riset yang akan dilakukannya, Mark juga mengundang peneliti-peneliti dari FITK UIN Jakarta untuk mempersiapkan proposal penelitiannya dan akan membantu menghubungkannya dengan para peneliti di University of Dundee, sehingga terjalin kolaborasi di bidang penelitian.

Selain Mark, dalam workshop ini diundang pula narasumber dari dosen Prodi TBI FITK, yaitu Tati Lathipatud Durriyah PhD yang memaparkan proyek penelitian mengenai literacy education, childrens’ literature and reader response.

Tati menjelaskan secara singkat penelitian-penelitian yang sudah dan sedang dijalankannya. Ia berharap riset yang dilakukannya ada hubungan atau keterkaitan dengan penelitian yang sedang berjalan di University of Dundee. (lrf/mf)

Share This