Lapangan SC, BERITA UIN Online – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN Jakarta Prof Dr Yusron Razak secara resmi membuka kegiatan Lomba Giat Prestasi Pramuka tingkat Penegak dan Penggalang di Lapangan Student Center, Sabtu (14/10/2017). Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua peserta.

Yusron Razak dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pramuka UIN Jakarta dengan mengundang sejumlah sekolah di tiga provinsi pada event lomba tahunan tersebut. Ia berharap kegiatan prestasi tersebut dapat dijadikan momentum yang baik bagi peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di Indonesia, khususnya di UIN Jakarta.

“Kami turut bangga dengan semangat para Pramuka dari berbagai sekolah dan tingkatan yang datang dari tiga provinsi. Selain untuk mengikuti lomba, kalian juga dapat bersilaturahmi bersama sesama Pramuka lain dari sekolah berbeda. Oleh karena itu, kami berharap kalian dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan menjadi juara,” katanya.

Yusron juga menjelaskan, Pramuka UIN Jakarta merupakan gugus depan lengkap yang berdiri sejak 28 tahun silam. Di gugus depan tersebut tak hanya terdapat Pramuka golongan Pandega, tetapi juga Penegak, Penggalang, dan Siaga. Semuanya bernaung di bawah Gugus Depan Fatahillah-Nyi Mas Gandasari Nomor 07.075 dan 07.076 Kwartir Cabang Kota Jakarta Selatan.

Lomba Giat Pestasi diikuti oleh sedikitnya 1.576 peserta dari 101 pangkalan (sekolah), terdiri atas 936 Pramuka tingkat Penegak (61 pangkalan) dan 640 Pramuka Penggalang (40 pangkalan). Mereka berasal dari berbagai sekolah tingkat SLTA dan SLTP di tiga wilayah, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sedangkan mata lomba yang dipertandingkan di antaranya Pioneering, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Semaphore dan Morse, Hasta Karya, Cipta dan Desain Logo, Video Blog (Vlog), serta Kreasi Adat Seserahan Pengantin Betawi.

Hadir pada acara pembukaan tersebut para Pembina Pramuka UIN Jakarta dan Pembina Pendamping dari masing-masing pangkalan. Selain lomba, kegiatan yang berlangsung hingga Ahad (15/10/2017) itu juga diramaikan dengan bazar makanan dan minuman serta aneka aksesoris. (ns)

Share This