Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta dan Universitas Teknologi Mara (UTM), Sarawak, Malaysia, menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dalam pengembangan bidang akademik dan pertukaran informasi. Acara penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan Rektor UTM Jamil Hj Amali di Ruang Rektor Gedung Rektorat, Rabu (30/10/2019).

Naskah kerja sama juga ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga Andi Faisal Bakti dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Urusan Internasional UTM Firdaus Abdullah sebagai saksi dari kedua belah pihak. Turut hadir Ketua Pusat Layanan Kerja Sama Internasional (PLKI) Dadi Darmadi dan Ketua Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum (PLHBH) Afwan Faizin.

Dalam naskah kerja tersebut disepakati bahwa kedua belah pihak akan melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya berupa seminar, pertukaran informasi, pertukaran mahasiswa serta staf, kegiatan akademik, dan riset.

Rektor Amany Lubis menyambut positif diadakannya kerja sama dengan UTM Malaysia. Ia berharap kerja sama yang akan dilaksanakan nanti dapat saling menguntungkan di antara kedua belah.

UIN Jakarta, lanjutnya, saat ini sudah banyak bekerja sama dengan sejumlah lembaga dan universitas, baik di kawasan ASEAN maupun negara-negara lain di Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Semua kerja sama bertujuan agar UIN Jakarta memiliki jaringan luas di dunia internasional.

“Kerja sama internasional ini sangat stretagis, baik bagi institusi maupun sumber daya manusia di dalamnya. Hal ini menunjukkan bahwa UIN Jakarta memiliki cita-cita besar untuk menjadi universitas kelas dunia,” katanya.

Rektor UTM Jamil Hj Amali menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah ditandatangani bersama. UTM, katanya, juga berharap akan menjadi salah satu universitas mitra bagi UIN Jakarta ke depan.

“Melalui kerja sama ini akan terjalin kemitraan yang baik untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan di masa mendatang,” katanya. (ns)

Share This