Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta dan Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan mengadakan kerja sama untuk saling menguatkan kapasitas kelembagaan dan tridharma perguruan tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam naskah kerja sama yang ditandatangani Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan Rektor Unpam Dayat Hidayat, di Ruang Rektor Gedung Rektorat, Selasa (30/6/2020).

Dalam acara penandatanganan kerja sama tersebut, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerja Sama Andi Faisal Bakti,. Sedangkan Rektor Unpam Dayat Hidayat didampingi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Subarto,  Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dewi Anggraeni, dan Ketua Program Studi Elektro Jamal A Rachman Saprin.

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menyambut positif diadakannya kerja sama dengan Unpam. Kerja sama diharapkan akan memberi dampak positif bagi kemajuan kedua perguruan tinggi dan berkontribusi bagi pembangunan serta pengembangan sumber daya manusia, khususnya di wilayah Tangerang Selatan, Banten.

“Kita ingin kerja sama ini dapat berjalan baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak,” katanya.

Hal yang sama juga dikemukakan Rektor Unpam Dayat Hidayat dalam sambutannya di acara tersebut. Ia mengatakan Unpam sangat berkepentingan dengan UIN Jakarta dalam upaya menciptakan iklim akademik perguruan tinggi dan pembangunan wilayah.

Menurut dia, Unpam dan UIN Jakarta yang masih berada dalam satu wilayah, yakni di Tangerang Selatan, akan berupaya untuk saling menguatkan kapasitas kelembagaan serta meningkatkan misi tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kerja sama ini akan mencakup semua program di perguruan tinggi, termasuk peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerja Sama Andi Faisal Bakti mengemukakan, kerja sama UIN Jakarta dengan Unpam secara teknis akan ditindaklanjuti melalui kerja sama yang lebih spesifik atau implementation agreement di antara masing-masing unit lembaga.

Kerja sama teknis tersebut meliputi bidang pengembangan sumber daya manusia, publikasi ilmiah, penelitian, dan kegiatan-kegiatan ilmiah.

 “Banyak aspek yang akan kita tindaklanjuti dalam kerja sama ini. Jadi, secara teknis, UIN Jakarta nanti akan menjadi universitas pembina bagi Unpam,” katanya.

Sesuai hasil kesepakatan kerja sama, beberapa program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang akan dilakukan di antaranya percepatan guru besar, pengiriman dosen Unpam untuk melanjutkan studi S3 di UIN Jakarta, pelatihan bersama, dan pertukaran pembelajaran mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di kedua universitas.

Program pengembangan SDM lain kedua belah pihak akan mengadakan pertukaran tamu-tamu asing untuk mengisi kuliah umum dan kegiatan akademik lainnya.

Sedangkan secara kelembagaan, di antaranya menyepakati pembinaan akreditasi program studi dan pembelajaran daring (e-learning).

“Unpam sudah lama menerapkan sistem pembelajaran e-learning bagi mahasiswanya. Jadi, kita juga akan banyak belajar tentang program e-learning tersebut,” ujarnya. (ns)

Share This