Malang, BERITA UIN Online – UIN Jakarta dan Univeritas Islam Malang (Unisma) menyepakati kerja sama dalam bidang pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam naskah nota kesepahaman bersama yang ditandatangani antara Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan Rektor Unisma Makuri di Malang, Jawa Timur, Selasa (11/1/2022).

Keja sama UIN Jakarta dengan Unisma merupakan kali pertama dilakukan sejak UIN Jakarta berubah status dari IAIN. Kerja sama tersebut bertujuan untuk menyinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak guna pengembangan sumber daya manusia dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

Tujuan lain kerja sama adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan potensi lainnya yang dimiliki para pihak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai kewenangan masing-masing.

Di antara kerja sama yang akan dilakukan meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pelatihan, serta publikasi dan jurnal. Kemudian pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Selain itu juga akan diadakan seminar bersama di tingkat regional, nasional, internasional, serta kegiatan dalam bentuk Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Guna memperjelas kegiatan, kerja sama akan ditindaklanjuti melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) sehingga lebih fokus dan rinci di setiap bidangnya.

Rektor Amany Lubis mengatakan kerja sama dengan Unisma cukup strategis karena kedua universitas memiliki misi yang sama dalam pengembangan sumber daya manusia. Kerja sama juga dilakukan dalam upaya memperluas jejaring di antara perguruan tinggi Islam di Indonesia.

“Ini merupakan kerja sama positif dan saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. Insya Allah kerja sama ini sangat bermanfaat dan memberikan kontribusi positif dalam upaya memajukan umat Islam,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Rektor Unisma Maskuri. Pihaknya sangat berterima kasih dapat bekerja sama dengan UIN Jakarta yang sudah memiliki pengalaman dalam pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan dapat segera direalisasikan,” ujarnya. (ns)

Share This