Uniclub, BERITA UIN Online – UIN Jakarta menargetkan menjadi juara umum pada Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) ke-IX Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang akan berlangsung di UIN Malang pada 15-21 Juli 2919. Target tersebut tidak berlebihan mengingat pada beberapa Pionir sebelumnya UIN Jakarta selalu masuk lima besar dalam perolehan medali terbanyak.

Hal itu dikatakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer seusai menggelar rapat koordinasi dan persiapan Pionir IX di Ruang Uniclub, Kamis (20/6/2019). Rapat koordinasi dipimpin Kasubbag Bina Bakat Mahasiswa Arief Aryanto Ariadi serta dihadiri seluruh atlet dan calon peserta Pionir IX.

Masri mengatakan, untuk menghadapi kejuaraan antarmahasiswa PTKIN tersebut, kontingen UIN Jakarta saat ini tengah bersiap diri. Peserta bukan hanya latihan fisik tetapi juga mental. Hal itu mengingat banyaknya cabang olahraga dan mata lomba yang diikuti.

“Kita masih punya cukup waktu untuk latihan dari sekarang. Mudah-mudahan semua peserta sehat, sehingga tidak mengganggu keutuhan tim. Insya Allah, pada Pionir kali ini UIN Jakarta juga memperoleh medali terbanyak dan menjadi juara umum,” katanya penuh optimistis.

Untuk persiapan dan latihan, menurut Masri, pihaknya sudah menyerahkan kepada Bagian Kemahasiswaan dan beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM). Mereka akan menyiapkan semua yang dibutuhkan, baik menyangkut atlet dan peserta, maupun akomodasi dan transportasi.

Masri juga mengungkapkan, kontingen UIN Jakarta pada Pionir IX 2019 ini akan mengirimkan sedikitnya 115 peserta. Mereka akan mengikuti pertandingan di 25 mata lomba, termasuk beberapa cabang olahraga, seperti futsal, catur, bola basket, dan bola voli.

Pionir merupakan ajang adu prestasi dan silaturahmi antarmahasiswa PTKIN di Indonesia. Gelaran dua tahunan itu diselenggarakan Kementerian Agama dengan tuan rumah secara bergilir.

Tahun ini Pionir digelar di UIN Malang, Jawa Timur, pada 15-21 Juli 2019. Menurut rencana, Pionir akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ns)

Share This