Pamulang, BERITA UIN Online – UIN Jakarta menggelar acara sosialisasi di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang, Selatan Banten, Selasa (23/10/2018). Acara digelar dalam rangka Career Day bagi para siswa kelas 12 yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya ke UIN Jakarta.

Acara sosialisasi dan promosi berlangsung di aula sekolah dan diikuti oleh sedikitnya 150 siswa. Mereka adalah para siswa kelas 12 jurusan IPA dan IPS. Sedangkan narasumber dilakukan staf humas Nanang Syaikhu.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Hal itu terlihat dari kekhidmatan suasana mereka menyimak informasi yang disampaikan oleh tim humas UIN Jakarta. Tak hanya itu, mereka juga banyak melontarkan pertanyaan terkait dengan peluang kuliah di UIN Jakarta, termasuk proses dan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru.

Pada acara sosialisasi tersebut, UIN Jakarta memberikan sejumlah informasi mengenai fakultas dan program studi yang dibuka. UIN Jakarta juga menjelaskan mengenai proses seleksi serta biaya pendidikan dan peluang-peluang memperoleh beasiswa.

Menurut Nanang Syaikhu, UIN Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama yang telah terakreditasi A secara institusi. UIN Jakarta juga sempat menjadi PTKIN terbaik se-Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama pada tahun 2017. Bahkan dalam konteks regional dan internasional, UIN Jakarta dinilai memiliki reputasi cukup baik dalam upaya mengembangkan pendidikan Islam.

Nanang juga mengatakan, proses penerimaan mahasiswa baru di UIN Jakarta cukup kompetitif, baik secara internal maupun eksternal. “Secara internal dari tahun ke tahun minat calon mahasiswa masuk ke UIN Jakarta cukup tinggi, sehingga harus bersaing ketat. Sedangkan secara eksternal, UIN Jakarta tak kalah dengan perguruan tinggi negeri umum lain,” katanya.

Oleh karena itu, kepada para siswa SMA Muhammadiyah 25 yang menghadiri acara tersebut, Nanang berpesan agar tidak perlu ragu lagi memilih UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi Islam alternatif. Sebab, program pendidikan di UIN Jakarta tak hanya mengembangkan bidang keagamaan tetapi juga bidang umum.

“Jadi, jika misalnya mau mengambil ilmu hukum atau kedokteran, kalian tak perlu harus pergi jauh. Di UIN Jakarta kedua program studi tersebut sudah ada dan dibuka untuk siapa saja,” ujarnya. (ns)

Share This