Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta berhasil meraup lima keping medali (2 perak, 3 perunggu) pada kejuaraan Annual Athletics Championship 2018 antarmahasiswa perguruan tinggi tingkat nasional yang digelar di kampus Universitas Indonesia, Sabtu (8/12/2018). Kelima medali diperoleh dari cabang lomba lari perseorangan putra dan putri serta beregu putra dan putri.

Tim UIN Jakarta dalam kejuaraan tersebut  mengirimkan sebanyak sembilan atlet, terdiri atas empat putra dan lima putri. Mereka berasal dari berbagai fakultas dan jurusan di UIN Jakarta serta merupakan atlet pilihan.

Manajer Atlet Tim UIN Jakarta Eko Triono kepada BERITA UIN Online, Rabu (12/12/2018), mengatakan, lima medali yang diperoleh UIN Jakarta diraih pada nomor lari yang berbeda. Rinciannya, untuk kategori perseorangan putra, satu medali perunggu diraih oleh Rizkika Angger Kusumo (mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis) sebagai juara ketiga di nomor lari 400 meter. Sedangkan dua perak perseorangan putri didulang Siti Nurmalasari (mahasiswi Jurusan Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah dan Hukum) dan Khalimatus Khusnah (mahasiswi Jurusan Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora). Keduanya meraih juara kedua di masing-masing nomor lari 400 meter dan 5.000 meter.

Sementara untuk ketegori tim, tim putra meraih satu perunggu di nomor lari 100 meter dan tim putri meraih satu perunggu di nomor lari 4.000 meter. Nama-nama tim putra yang bertanding adalah Eko Triono (mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Rizkika Angger Kusumo (mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Toni Feby Saputra (mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin), dan Riyadh Assomady (mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum).

Sedangkan nama-nama tim putri adalah Lulu Mujadidah (mahasiswi Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Khalimatus Khusnah (mahasiswi Jurusan Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora), Widyawati (mahasiswi Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum), dan Mellynia Kencana Dewi (mahasiswi Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan).

Eko juga menjelaskan, kejuaraan atlet mahasiswa tingat nasional diikuti oleh berbagai perguruan tinggi ternama, antara lain UIN Jakarta, UNJ, UI, ITB, dan IPB. Mereka umumnya memiliki sarana olahraga, khususnya atletik, memadai dan baik.

“Tapi alhamdulillah, meski kampus masih minim sarana olahraga, namun hal itu tidak mengurangi semangat kami untuk berprestasi,” ujarnya. (ns)

Share This