Jakarta, BERITA UIN Online – Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menganugerahi sejumlah pernghargaan kepada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Penghargaan diberikan pada ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) 2020 yang digelar di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Acara pemberian penghargaan ADIKSTIS 2020 dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Suyatno, dan para rektor PTKI se-Indonesia.

Dalan ajang ADIKTIS tersebut, terdapat 10 PTKI dari 15 kategori yang menerima penghargaan, satu di antaranya adalah perguruan tinggi keagamaan Islam swasta.

UIN Jakarta memperoleh sedikitnya tiga penghargaan sesuai kategori dan indikator penilaian. Ketiga penghargaan yang diterima UIN Jakarta itu adalah “PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak” (berdasarkan data akreditasi tingkat nasional), “PTKI dengan Profesor Terbanyak” (berdasarkan data mutlak ketersediaan guru besar yang aktif), dan “PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak” (berdasarkan data ranking jurnal tingkat dunia dan science and technology index).

Kepada BERITA UIN Online sesusai menerima penghargaan, Rektor Amany Lubis mengatakan sangat terharu dan bangga dengan prestasi yang telah dicapai UIN Jakarta dari Ditjen Pendis Kemenag sepanjang 2020. Prestasi tersebut tentu semua berkat kerja keras seluruh sivitas akademika, baik di lingkungan rektorat maupun fakultas/lembaga.

Untuk itu Rektor Amany merasa berterima kasih kepada seluruh sivitas akademika UIN Jakarta atas dicapainya prestasi tersebut di tahun 2020.

“Insya Allah, kita harus bekerja lebih keras lagi untuk mempertahankan reputasi UIN Jakarta, baik di tingkat nasional maupun internasional. Semoga di tahun 2021 mendatang UIN Jakarta akan memperoleh lebih banyak penghargaan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Amany Lubis yang mewakili sivitas akademika UIN Jakarta menerima langsung ketiga penghargaan. Penghargaan pertama diberikan oleh Sekretaris Jenderal Nizar Ali, sedangkan penghargaan kedua dan ketiga diberikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Namun, pemberian penghargaan ketiga diwakilkan kepada Kepala Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Peraturan Perundang-undangan UIN Jakarta Azizah. (ns)

Foto-foto: Hermanudin

Share This