Jakarta, BERITA UIN Online—UIN Jakarta melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. Pertamina (Persero) untuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)–BUMN. Penandatangan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer, sedang dari pihak Pertamina oleh Koeshartanto, Direktur SDM PT. Pertamina (Persero), bertempat di Kantor Pusat PT. Pertamina (Persero) Jl. Medan Merdeka Timur A No. 14 Jakarta- Pusat, Senin (04/03).

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, dihadiri pula oleh perwakilan dari 19 unviersitas lain, seperti UGM, UNPAD, ITB, Trisakti, dn lain-lain. Sedang UIN Jakarta merupakan satu-satunya PTKIN yang ikut serta dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)–BUMN di PT. Pertamina (Persero) tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Masri Mansoer mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan peluang bagi mahasiswa UIN Jakarta untuk belajar mengaktualisasikan pengetahuan dan keterampilannya yang didapatkan di bangku kuliah.

“Selain itu, program magang ini juga selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kesesuaian pembelajaran pada perguruan tinggi dengan dunia kerja,” tandas Masri.

Di tempat yang sama, Direktur SDM PT. Pertamina (Persero), Koeshartanto, menerangkan bahwa awal tahun ini PT. Pertamina (Persero) telah menerima 121 mahasiswa Magang yang akan di tempatkan pada kantor-kantor PT. Pertamina yang ada di seluruh Indonesia.

“Mahasiswa magang ini akan menjadi energi baru yang akan mengembangkan perusahaan dengan mengeksplorasi, memberikan inovasi serta melayani seluruh masyarakat di Indonesia, karena PT. Pertamina hadir untuk negeri,” pukas Koeshartanto.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)–BUMN ini merupakan program magang yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Awal tahun 2019 merupakan batch kedua program PMMB-BUMN yang diikuti oleh kurang lebih 90 BUMN.

Sebagai informasi, UIN Jakarta, melalui Pusat Karir, merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terlibat dalam program ini. Di tahun 2018, UIN Jakarta telah mengirimkan 78 mahasiswa untuk magang di 17 BUMN.

Awal tahun 2019 ini, Pusat Karir masih sedang memproses tidak kurang dari 60 mahasiswa untuk magang di 23 BUMN. PT. Pertamina (Persero) sendiri mengalokasikan tiga mahasiswa UIN Jakarta untuk magang di awal tahun 2019 ini. (lrf/Umi)

Share This