Gedung Rektorat, BERITA UIN Online  – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di kalangan kaum millenial, UIN Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) akan menggelar acara bertajuk “Dialog Millenial Road Safety Festival 2019”. Acara sosialisasi keselamatan berkendara tersebut dikemas dalam bentuk dialog dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

Saat Rapat Koordinasi yang digelar di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, Senin (25/2/2019), Kasatlantas Polres Tangerang Selatan yang mewakili Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lalu Hedwin mengatakan, dialog tentang keselamatan berkendara bertujuan untuk mengurangi angka laka lantas di jalan raya (zero accident). Ia berharap dialog tersebut akan membangun kesadaran di kalangan kaum millenial tentang pentingnya menaati rambu lalu lintas dan marka jalan sehingga terhindar dari kecelakaan saat berkendara.

“Dari data kepolisian, angka laka lantas terbesar umumnya dialami oleh kalangan anak muda. Mereka merupakan kelompok millenial yang belum memiliki kesadaran tinggi mengenai cara berkendara yang benar di jalan raya,” katanya.

Menurut Lalu, acara dialog dan sosialisasi ketertiban berlalu lintas yang digelar di UIN Jakarta sasarannya akan difokuskan bagi para mahasiswa sebagai kelompok millenial. “Program ini semacam road show yang digelar tahun ini. Sasarannya tak hanya kalangan mahasiswa perguruan tinggi, tetapi juga para pelajar di sekolah-sekolah di DKI Jakarta,” ujarnya.

AKP Reza Hafiz dari Korlantas Polda Metro Jaya yang turut hadir mengatakan, secara teknis dialog ketertiban berlalu lintas formatnya akan dilakukan secara atraktif dan interaktif. Bentuknya talkshow dan panel yang dipandu oleh seorang moderator.

Dialog menghadirkan empat narasumber utama, yakni Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi.

“Insya Allah, agar lebih menarik, acara juga akan diisi dengan hiburan ringan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer yang memimpin rapat menyambut positif diadakannya sosialisasi ketertiban berlalu lintas. Oleh karena itu pihaknya akan memfasilitasi dan memobilisasi mahasiswa sebagai peserta utama dialog.

Masri juga berharap kegiatan tersebut akan berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Menurut rencana, dialog akan dibuka Rektor UIN Jakarta Amany Lubis dan dihadiri bukan hanya kalangan mahasiswa melainkan juga para pegawai dan dosen UIN Jakarta.

“Saya kira acara (dialog) ini penting diikuti oleh semua kalangan. Karena bagaimanapun keselamatan berkendara dan ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi kewajiban kita bersama,” katanya.

Lebih dari itu, katanya, sivitas akaddemika UIN Jakarta harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di Indonesia.

Rapat koordinasi dihadiri antara lain Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan Andi Faisal Bhakti, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Kharunnas, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Khoiruddin, Kepala Bagian Umum Encep Dimyati, dan Kepala Bagian Kemahasiswaan Ummu Baroat.

Dialog Millenial Road Safety Festival 2019 akan digelar pada 5 Maret 2019 mendatang di Auditorium Harun Nasution. Jumlah mahasiswa yang hadir ditargetkan mencapai 500 orang dan akan diberikan sertifikat. Di sela-sela dialog, Korlantas Polda Metro Jaya juga akan membuka gerai pelayanan perpanjangan SIM keliling bagi seluruh sivitas akademika.

“Kami juga akan melakukan penandatanganan kerja sama antara Polda Metro Jaya dan UIN Jakarta  dalam bidang pengembangan sumber daya manusia,” ujar Reza Hafiz. (ns)

Share This