Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Kelulusan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka Selasa (9/7/2019). UIN Jakarta menerima sebanyak 1.276 peserta dari 19.919 pendaftar di seluruh Indonesia.

Pengumuman kelulusan SBMPTN dilakukan oleh LTMPT secara nasional melalui link https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Dari sekitar 714.652 ribu peserta seleksi nasional di jalur ini, peserta yang diterima sekitar 168.742 peserta secara nasioinal di 85 PTN. Seleksi SBMPTN digelar pada 10 – 24 Juni 2019 serentak di seluruh Indonesia melalui link https://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id

Di jalur SBMPTN, UIN Jakarta sendiri menawarkan sedikitnya 26 program studi yang tersebar di sepuluh fakultas. Peserta terbanyak di antaranya diterima di Fakultas Psikologi sebanyak 83 orang, Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (71 orang), dan Prodi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (71 orang).

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Khaerudin menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang diterima di jalur SBMPTN. Sedangkan yang belum diterima, ia meminta agar bersabar dan tetap semangat belajar.

“Kami juga mohon maaf dan dimaklumi, mengingat kuota penerimaan di jalur (SBMPTN) ini terbatas, tidak semua pendaftar dapat diterima di UIN Jakarta,” katanya.

Khaerudin mengatakan, bagi yang lolos seleksi, peserta diminta untuk segera mendaftar ulang dengan terlebih dahulu mengikuti proses pengisian uang kuliah tunggal (UKT) sesuai jadwal dan tahapan. Pendaftaran ulang melalui proses UKT dapat dilakukan melalui dua pilihan, yakni pilihan A bagi yang tidak mengikuti proses UKT dan pilihan B bagi yang mengikuti proses UKT.

“Jika memilih pilihan A, peserta langsung membayar di bank sesuai jumlah nominal di kelompok 7. Tetapi bagi yang memilih pilihan B, peserta harus mengisi data, seperti penghasilan orang tua dan kelengkapan dokumen lain yang dipersyaratkan,” jelasnya.

Sesuai jadwal, proses UKT di jalur masuk SBMPTN dimulai dengan proses peng-input-an data pada 9-15 Juli 2019. Hasil proses input data ini kemudian akan diumumkan pada 19 Juli 2019 untuk diketahui di kelompok berapa peserta harus membayar UKT. Setelah itu peserta wajib mengikuti proses klarifikasi dan verifikasi data pada 22-23 Juli 2019. Jika proses tersebut selesai, peserta kemudian melanjutkan mendaftar ulang dengan membayar UKT sesuai jumlah nominal yang tertera di kelompoknya. Pembayaran UKT ini dapat dilakukan pada 9-26 Juli 2019. (lrf/sam)

Share This