Sleman, BERITA UIN Online – UIN Jakarta mengunjungi lima sekokah tingkat atas yang ada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada 15-17 November 2018. Kunjungan digelar dalam rangka sosialisasi kampus dan pemberian informasi mengenai seleksi penerimaan calon mahasiswa baru, khususnya bagi para siswa kelas 12.

Kunjungan pertama dilakukan di empat sekolah, yaitu MAN 1, SMAN 1, MAN 4, dan MA Pesantren Wahid Hadyim, sedangkan kunjungan kedua dilakukan di MAN 2. Sosialisasi di sekolah dilakukan oleh tim dari Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi yang dibagi ke dalam dua tim.

Ketua Tim Sosialisasi Rudy Subiyantoro mengatakan, UIN Jakarta perlu banyak menggelar sosialisasi ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan bila perlu ke luar negeri. Hal itu penting guna mengenalkan kampus UIN Jakarta kepada masyarakat secara luas. Pasalnya, meski secara kuantitatif peminat masuk UIN Jakarta setiap tahun terus mengalami peningkatan, namun tak berarti sosialisasi tidak penting.

“Paling tidak, UIN Jakarta dapat dikenal secara luas di masyarakat, baik di masyarakat di lingkungan perkotaan maupun di perdesaan. Jika tidak UIN Jakarta boleh jadi kurang begitu dikenal,” katanya.

Selain itu, kata dia, UIN Jakarta juga perlu memberikan informasi yang utuh mengenai visi dan misi serta tujuan didirikannya. Tidak semata soal informasi akademik, tetapi juga misi luhur serta orientasinya bagi bangsa dan negara.

“UIN Jakarta adalah kampus yang mengembangkan pemikiran keislaman modern, bersifat iklusif dan sangat mengedepankan nilai-nilai berdemokrasi dan bertoleransi kepada para mahasiswanya,” bebernya.

Sementara itu, kunjungan UIN Jakarta ke sekolah-sekolah di Sleman dinilai berjalan efektif. Hampir setiap siswa terlihat antusias untuk menyimak informasi yang disampaikan oleh tim. Bahkan menurut pengakuan salah satu mahasiswa, pemberian informasi tentang masuk perguruan tinggi, khususnya ke UIN Jakarta, sedikitnya membuka wawasan tentang bagaimana memilih jurusan dan sistem perkuliahan.

“Saya sangat berterima kasih ada pemberian informasi masuk UIN Jakarta. Saya baru tahu jika UIN tak hanya ada di Yogyakarta tetapi juga di Jakarta dan bahkan di seluruh Indonesia,” kata Handayani, siswi kelas 12 IPA dari MAN 1.

Dalam sosialisasi tersebut, tim sosialisasi secara detail memaparkan bagaimana memilih program studi dan jalur apa saja untuk masuk UIN Jakarta. Selain itu juga dipaparkan mengenai kegiatan di kampus dan sistem perkuliahan yang diselenggarakannya. (ns)

Share This