Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— 37 mahasiswa UIN Jakarta terpilih menjadi finalis dalam Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI se-Indonesia yang berlangsung sepanjang 25 Oktober hingga 28 November 2021. Mereka diharapkan mampu mencatatkan prestasi mengharumkan UIN Jakarta di pentas nasional yang berlangsung di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta (Warek III) Dr. Arief Subhan kepada BERITA UIN Online mengungkapkan, delegasi mahasiswa UIN Jakarta berhasil lolos menjadi finalis pada sejumlah sub cabang yang dilombakan. “Alhamdulillah, mahasiswa kita berhasil menjadi finalis pada sejumlah cabang yang dilombakan,” syukurnya.

Dalam data kemahasiswaan UIN Jakarta menyebutkan pada cabang Karya Inovasi Astronomi/Ilmu Falak terpilih Bagas Wirya Sasmita, Nur Senoaji, Rangga Prasetya Alamsyah. Di bidang Karya Inovasi Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumberdaya Terbarukan terpilih Istyo Murdoyo Andono, Muhammad Ikhsan, dan Talitha Hasna Fauzi.

Dari bidang karya Inovasi Literasi dan Inovasi Teknologi terpilih Ida Puspita, Munabiah Lestari, dan Siska Putri Utami. Dari bidang karya Inovasi Media Pembelajaran terpilih Aida Rahmawati, Dwi Retno Anjani, dan Helsa Nanda Yova Putri.

Di bidang karya inovasi nanoteknologi dan produk kesehatan terpilih Ajeng Tri Utami, Aulia Dwi Yuliana, dan Ditanur Fadilah. Di bidang karya inovasi robotik dan programming terpilih Dhoni Ikhsan Widodo, Mila Saprila Suherman, dan Putri Adelia.

Selanjutnya terpilih Mohammad Syamsul Rijal sebagai finalis bidang Sains Biologi, Leni Andriyani sebagai finalis bidang sains Kimia, dan Galuh Prayoga sebagai finalis bidang sains Matematika.

Sejumlah mahasiswa lainnya terpilih mewakili cabang-cabang lain yang dilombakan. Di kompetisi Da’i Mahasiswa dan Mahasiswi masuk jadi finalis Muhammad Nur Alam Syah dan Nadya Syahda Faradillah. Dalam Debat Ilmiah Bahasa Asing, terpilih Ahmad Rifai Rohman dan Muhammad Abid al-Akbar untuk kategori Debat Ilmiah Bahasa Arab dan Hasifah Syakirah dan Muhammad Firda Azil untuk kategori Debat Ilmiah Bahasa Inggris.

Selain itu, di cabang Qiraatul Qutub terpilih Pikri Nugraha mewakili finalis mahasiswa dan Mira Amirah finalis mahasiswi. Dalam debat ilmiah konstitusi terpilih tiga mahasiswa yaitu Mustofa Kamal, Virdinda La Ode Achmad, dan Muhammad Ainul Yaqin.

Di cabang Business Plan terpilih Dandy Aulya dan Budi Santoso. Terakhir, di cabang Fahmil Quran terpilih Ghazy Azmil Fauzy, Meylin Tri Anggraeni, dan Shahdan Aji Mariky.

Mewakili pimpinan dan sivitas UIN Jakarta, Warek III Arief berharap para finalis bisa mencatatkan prestasi terbaik di ajang tersebut. “Tentu saja kami juga mengharapkan doa dan dukungan seluruh sivitas bagi keberhasilan perjuangan para mahasiswa di ajang tersebut,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia OASE PTKI I Se-Indonesia 2021 Dr Saifullah Idris mengungkapkan, kegiatan ini terdiri dari beberapa cabang lomba. Masing-masing yaitu lomba Literasi dan Inovasi Teknologi; Nanoteknologi; Produk Halal dan Ketahanan Pangan; Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan; Sosial Keagamaan; Media Pembelajaran; Desain dan Arsitektur Islam; Astronomi Islam/Ilmu Falak, Robotik dan Programming; dan Karya Tulis Al-Qur’an.

Lomba sendiri dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan final. Tahap penyisihan dilakukan secara daring menyusul protokol kesehatan pasca Pandemi Covdi 19, sedang finalnya sendiri berlangsung luring di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada 25-28 November 2021.(zm)

Share This