Jakarta, BERITA UIN Online—UIN Jakarta kembali menggelar sosialisasi kampus di sekolah menengah tingkat atas. Kali ini acara digelar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Kota Tangerang, Banten, Rabu (10/9). Sasaran sosialisasi adalah para siswa kelas 12 atau semester akhir.

Para siswa menyambut antusias acara sosialiasi tersebut, pasalnya siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) itu banyak mengajukan pertanyaan terkait proses penerimaan mahasiswa baru yang akan dibuka di tahun depan, juga fasilitas yang di UIN Jakarta.

Sosialisasi kampus dilakukan oleh tim Pubdok yang beranggotakan dua orang, yaitu  Luthfy Rijalul Fikri, dan Ali Nasrun Meha, serta diikuti sedikitnya 80 siswa.

Gelaran sosialisasi dilakukan guna memberikan informasi tentang penerimaan calon mahasiswa kepada para siswa SMA/MA/SMK, khususnya kelas 12, yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Informasi yang disampaikan selain proses pendaftaran dan jalur masuk seleksi, juga tentang fakultas/jurusan yang ditawarkan di masing-masing jalur masuk.

“Kami juga informasikan mengenai pembiayaan uang kuliah yang menggunakan mekanisme uang kuliah tunggal (UKT) serta teknis pendaftarannya,” kata Ali Nasrun, salah satu anggota tim saat ditemui BERITA UIN Online usai melakukan sosialisasi.

Ali mengatakan, seleksi masuk UIN Jakarta dilakukan melalui lima jalur, yaitu jalur prestasi akademik nasional (SNMPTN/SPAN PTKIN), jalur ujian tulis nasional (SBMPTN/UM PTKIN), jalur ujian mandiri (lokal), dan jalur beasiswa kerja sama. Kelima jalur tersebut dilakukan dalam waktu yang berdekatan.

“Penerimaan mahasiswa baru di UIN Jakarta tahun akademik 2019/2020 diperkirakan mulai Februari 2019 mendatang,” terangnya.

Karena itu, Ali meminta agar para siswa dapat menyiapkan diri dengan mencari banyak informasi tentang perguruan tinggi negeri, terutama UIN Jakarta, yang akan menjadi tujuan.

Di tempat yang sama, salah satu peserta yang berasal dari kelas XII MIPA, Nia kepada BERITA UIN Online mengaku bersyukur bisa mendapatkan penjelasan secara langsung dari tim UIN Jakarta. Dirinya berharap, kegiatan tersebut dilakukan rutin tiap tahunnya, agar informasi serta kebijakan baru yang ada di UIN Jakarta ia dan teman-temannya peroleh. (lrf)

Share This