Gedung Rektorat, BERITA UIN Online—UIN Jakarta ditunjuk menjadi salahsatu dari enam universitas pilot project pengembangan kewirausahaan tingkat perguruan tinggi oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau LPDB-KUMKM RI. Penunjukkan diharapkan bisa mengoptimalkan pengembangan potensi kemandirian ekonomi sivitas UIN Jakarta sendiri melalui kewirausahaan.

Demikian disebutkan Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM RI, Dr. Jaenal Arifin, di sela seminar bertajuk “Sinergitas Program Dana Bergulir untuk Penguatan Kewirausahaan Inkubasi Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Era Revolusi 4.0” di Gedung Rektorat, Senin (27/01/2020). Menurutnya, pemilihan UIN Jakarta bersama lima perguruan tinggi lain didasarkan potensi kewirausahaan lembaga maupun sivitasnya. “Semoga ini bisa berjalan lancar,” harapnya.

Selain UIN Jakarta, lima perguruan tinggi nasional lainnya yaitu Universitas Pasundan Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Brawijaya Malang, dan Universitas Andalas Padang. Penunjukkan keenam universitas ini nantinya bisa membantu implementasi program Kementerian Koperasi dan UKM berupa Rebranding Koperasi Mahasiswa dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyaluran dana bergulir.

Di UIN Jakarta sendiri, sambung Jaenal, kegiatan ini akan difokuskan dalam dua cara. Diantaranya mendorong spirit wirausaha melalui pelibatan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Jakarta. Lainnya, melibatkan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Jakarta untuk mempromosikan program-program pemberdayaan ekonomi bagi para pelaku usaha yang tertarik untuk dibimbing fasilitator LPDPB KUMKM RI.

“Dengan demikian, kami juga berharap keterlibatan sivitas UIN Jakarta dalam melaksanakan program-program pemberdayaan kewirusahaan ini. Harapannya, program ini bisa berjalan sesuai rencana,” tambahnya.

Menanggapi itu, Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis menyambut baik inisiatif LPDB KUMKM RI untuk melibatkan UIN Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi pilot project pengembangan kewirausahaan perguruan tinggi. Menurutnya, kewirausahaan telah menjadi perhatian UIN Jakarta sejak beberapa waktu terakhir.

Ditambahkannya, UIN Jakarta juga siap mendukung dengan menggulirkan kebijakan pengembangan kewirausahaan. “Kami akan mendorong seluruh potensi entrepreneurship di kalangan sivitas akademik, terutama mahasiswa, guna menumbuhkan kemandirian ekonomi mereka,” sebutnya. (usa/zm)

Share This