Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online— UIN Jakarta kembali menggelar wisuda yang ke-113, dan akan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (07-08/09). Acara wisuda akan dilaksanakan di Auditorium Harun Nasution Kampus I jalan Ir H Juanda no. 95 Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Pada pelaksanaan wisuda hari pertama tercatat, sebanyak 525 peserta resmi dilantik oleh Rektor UIN Jakarta. Sedangkan, untuk tahap kedua yang dilaksanakan di hari Minggu (08/09), rektor juga akan melantik sedikitnya 540 orang peserta wisuda.

Kasubbag Dokumentasi dan Publikasi UIN Jakarta Samsudin, kepada BERITA UIN Online menuturkan, acara wisuda yang dilaksanakan selama dua hari tersebut akan diikuti sedikitnya 1.065 orang wisudawan, yang terdiri dari 12 fakultas, pascafakultas, Sekolah Pascasarjana, dan program Doktor.

“Untuk hari Sabtu, peserta wisuda berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 128 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 104 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 119  orang, dan Fakultas Dirasat Islamiah 30 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 135 orang, dan program Doktor sebanyak 3 orang,” papar Samsudin.

Sementara untuk hari Minggu, masih menurutnya yang akan diwisuda berasal dari Fakultas Ushuluddin sebanyak 83 orang, Fakultas Syariah dan Hukum 107 orang, Fakultas Psikologi 71 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 98 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 111 orang, Fakultas Kedokteran 3 orang, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 67 orang, serta yang berasal dari Pasca Fakultas sebanyak 34 orang.

Di akhir penuturannya, Samsudin mengatakan bahwa di dua hari pelaksanaan wisuda tersebut, aka nada orasi ilmiah dan sambutan dari alumni UIN Jakarta yang telah sukses di bidangnya.

“Kami menghadirkan alumni untuk membangkitkan semangat para sarjan, agar tetap semangat dan terus berusaha menggapai cita-cita. Seperti dikatakan salah satu alumni pada wisuda sebelumnya, bahwa alumni UIN Jakarta harus bisa dalam segala hal dan mampu sukses pada bidangnya masing-masing,” tandas Samsudin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, dalam pidatonya mengapresiasi serta mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang akan dilantik. Menurutnya, seremonial ini menjadi gerbang awal para alumni untuk terus berjuang menggapai apa yang dicita-citakan, sembari mengharumkan nama almamater di mana pun berada.

“Tugas anda para alumni belumlah usai, wisuda ini menjadi awal perjuangan meneruskan estapeta para pendahulu untuk mengemban amanah menyebarkan prinsip Islam rahmatan lil alamien dan moderasi beragama,” pukas Guru Besar Sejarah Politik Islam tersebut.

Tidak lupa, rektor pun berpesan kepada alumni, untuk senantiasa berkontribusi aktif dalam perkembangan dan kemajuan isu-isu aktual di dunia. Sebagai insan akademis, alumni bisa masuk melalui penelitian-penelitian atau pemikiran yang dilandaskan prinsip-prinsip Islam dan agen moderasi beragama.

Di akhir sambutannya, rektor mengucapkan terima kasih dan juga selamat kepada para wali mahasiswa, mitra, serta seluruh sivitas akademika UIN Jakarta yang telah banyak berkontribusi mengantarkan para sarjana hingga berhak menyandang gelar akademiknya. (lrf)

Share This