Lapangan SC, BERITA UIN OnlineSeluruh pimpinan, sivitas akademik, dan karyawan UIN Jakarta menggelar upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73. Upacara diselenggarakan di lapangan Aula Student Center (SC) dan diikuti pula oleh para mahasiswa dan tamu undangan.

Demikian hasil pantauan tim BERITA UIN Online di lapangan, Jumat (17/08). Upacara tersebut dimulai sejak pukul. 06.00 WIB diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) UIN Jakarta.

Bertindak sebagai inspektur upacara Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, sedangkan pembacaan teks Pancasila oleh Ade Sofyan Mulazid (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis), pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Suparto (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi), pembacaan Proklamasi oleh Muhammad Zuhdi (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), dan pembacaan doa oleh Nurul Irfan (dosen Fakultas Syariah dan Hukum). Sedangkan bertindak selaku komandan upacara berasal dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Wiradharma.

Dalam sambutannya, rektor mengucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas UIN Jakarta yang telah hadir mengikuti upacara tersebut. Rektor berharap dengan momen bersejarah ini, mampu meningkatkan nasionalisme dan patriotisme yang berimplikasi pada peningkatan kinerja dan dedikasi kepada lembaga.

“UIN Jakarta mengemban tugas yang sangat berat dalam mengisi kemerdekaan ini, yaitu mendidik para penerus bangsa agar memiliki kualitas keilmuan dan keislaman yang baik,” tandasnya.

Rektor menambahkan, bahwa kemerdekaan ini dapat diraih karena adanya kekompakan, tenggang rasa dan rasa kebersamaan antar sesama pahlawan. Tidak saling mengedepankan egoisitas semata, namun berorientasi bagi kemerdekaan bangsa dan negara.

“Hal tersebut, tentunya perlu ditanamkan di kampus tercinta ini, rasa saling menghargai dan menghormati keilmuan seseorang berdasarkan latar pendidikannya. Dengan demikian, maka kampus UIN Jakarta akan lebih cepat maju dan berkembang,” tandas rektor.

Sebagai informasi, diakhir upacara rektor atasnama Presiden RI menyematkan penghargaan Satyalencana Karyasatya kepada sivitas akademik UIN Jakarta yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun. (lrf)

 

Share This