Rektorat, BERITA UIN Online— Dalam rangka pemenuhan program peningkatan tatakelola Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) termasuk di dalamnya UIN Jakarta yang baik (Good University Governance) yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan dengan Sistem Manajemen Strategis (SMS) yang berbasis aplikasi dalam Dashboard e-SMS, maka UIN Jakarta telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Pengisian Aplikasi Dashboard e-SMS tahun 2018 pada tanggal 1 Maret 2019 bertempat di Ruang Diorama, Kampus 1, UIN Jakarta.

Kegiatan sosialisasi ini disampaikan langsung oleh salah satu perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Abdul Hamid Cebba dan dimoderatori oleh Sholehudin (Ortala OKP UIN Jakarta) serta dihadiri oleh seluruh petugas admin dan operator di tingkat universitas dan fakultas, lembaga dan pusat serta unit kerja lainnya.

Dalam paparannya, Cebba menjelaskan bahwa Strategic Management System (SMS) ini merupakan upaya pemeringkatan bagi PTKIN dalam rangka peningkatan tata kelola menuju Good University Governance (GUG).  Upaya pemeringkatan untuk bisa berjalan dengan baik jika didasari dengan konsisten, integritas, dan linieritas. Konsistensi dan integritas merujuk pada sikap mental kita untuk mengimplementasikan program-program yang telah dirumuskan, sementara linieritas lebih terkait dengan renstra dan aturan-aturan lain yang terkait.

Dalam e-SMS ini, terdapat empat hal yang harus dimiliki oleh PTKIN yaitu pertama, komponen pengajaran 20 persen. Kedua, fasilitas, sumber daya dan supporting staff 25 persen. Kedua, kepemimpinan, manajemen dan tata kelola 40 persen. Dan keempat, penelitian, publikasi, pengabdian-layanan pada masyarakat dan kerjasama 15 persen. (lrf/Saa)

Share This