Gedung FK, BERITA UIN Online – Dalam rangka memeriahkan Milad ke-62, UIN Jakarta menggelar kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah di Gedung Fakultas Kedokteran, Kamis (13/6/2019). Selain pemeriksaan kesehatan juga dibuka layanan konsultasi kesehatan.

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis merupakan pasien pertama yang diperiksakan kesehatannya. Disusul setelah itu para wakil rektor dan kepala biro.

Pemeriksaan kesehatan ditangani oleh tim medis gabungan, yakni dari Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Klinik Pelayanan Kesehatan Masyarakat (KPKM), dan Klinik Makmur Jaya Ciputat. Sedangkan untuk kegiatan donor darah, UIN Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Tangerang Selatan, Banten.

“Pemeriksaan kesehatan dan donor darah ini rutin dilaksanakan setiap perayaan Milad UIN Jakarta. Tujuannya agar kita semua dapat mengetahui kondisi kesehatan serta mengantisipasi gangguan kesehatan,” kata Ketua Panitia Milad ke-62, Llily Surayya.

Lily mengatakan sasaran pemeriksaan kesehatan serta donor darah adalah para dosen dan karyawan UIN Jakarta. Jumlah pasien yang ditargetkan sekira 200 orang, sedangkan donor darah sekira 50 orang. Namun, kata dia, target tersebut tergantung pada jumlah pasien yang datang serta sesuai waktu yang disediakan.

Dalam kegiatan bakti sosial kesehatan kali ini, jenis pemerikasaan yang dilakukan meliputi asam urat, kolesterol, gula darah, dan status antropometri gizi.

Alhamdulilllah, semua kegiatan bakti kesehatan masyarakat berjalan lancar,” ujar Koordinator Bakti Kesehatan Panitia Milad ke-62 UIN Jakarta, dr Flori Ratna Sari. (ns)

Share This