Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta mengubah warna jaket almamaternya. Jika sebelumnya berwarna biru dongker (gelap), kini berubah menjadi biru terang.

Warna baru jaket almamater secara resmi diperkenalkan pertama kali oleh pimpinan UIN Jakarta kepada warga sivitas akademika pada pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru di lapangan utama, Selasa (27/8/2019). Pada saat itu pimpinan UIN Jakarta seluruhnya tampil mengenakan jaket tersebut

“Hari ini jaket almamater UIN Jakarta berubah warna dari biru dongker menjadi biru terang,” ujar Rektor UIN Jakarta Amany Lubis saat menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan tersebut.

Selain Rektor, jaket juga dikenakan para wakil rektor, para dekan, para wakil dekan, dan para kepala biro. Seusai upacara, pimpinan UIN Jakarta kemudian mengenalkan warna jaket almamater barunya itu dengan berfoto bersama di depan sejumlah mahasiswa baru.

Menurut Rektor, perubahan warna jaket almamater UIN Jakarta merupakan amanah dari Statuta UIN Jakarta, yakni Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 17 Tahun 2014. Dalam PMA Pasal 10 ayat 9 disebutkan bahwa Jaket resmi mahasiswa Universitas berwarna biru terang, pada bagian dada sebelah kiri terdapat logo Universitas.

“Warna biru terang yang sesuai Statuta UIN Jakarta lebih cerah dan memberikan optimisme,” ujarnya kepada BERITA UIN Online, Selasa (27/8/2019).

Perubahan warna jaket, katanya, juga sudah dibahas di Rapat Pimpinan dan Senat Universitas. “Jadi, bukan meniru pihak lain. Adapan jika terdapat kesamaan (dengan lembaga lain, Red), itu tidak bisa dihindari,” tandasnya.

Dengan demikian, mulai tahun akademik 2019/2020 seluruh mahasiswa baru UIN Jakarta akan mengenakan jaket baru berwarna biru terang. Sementara bagi mahasiswa lama tetap mengenakan jaket lama berwarna biru dongker.

Dalam catatan BERITA UIN Online, UIN Jakarta sudah tiga kali mengalami pergantian warna jaket almamater. Jaket almamater pertama semasa IAIN berwarna hijau, tak lama setelah IAIN berubah status menjadi UIN pada tahun 2002, warna jaket berwarna biru dongker, dan kini jaket almamater kembali berubah menjadi berwarna biru terang. (ns)

Share This