Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta melalui Bagian Kemahasiswaan membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengikuti proses seleksi calon peserta Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) ke VIII tahun 2020. Gelaran prestasi pekan ilmiah, olahraga, seni, dan riset antarperguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) tingkat regional se-Jawa yang diadakan oleh UIN Yogyakarta itu terbuka untuk seluruh mahasiswa berstatus aktif dan berprestasi.

Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Subbagian Bina Bakat Mahasiswa Arief Aryanto Aryadi yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (13/2/2020). “Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat silakan mendaftar di “Google Form” yang telah disediakan secara online,” katanya.

Arief menambahkan, dari 37 mata lomba yang akan dipertandingkan pada IPPBMM PTKIN tahun 2020 ini, UIN Jakarta hanya mengikuti sebanyak 32 mata lomba. Peserta untuk masing-masing mata lomba ada yang bersifat peseorangan maupun tim.

Mata lomba yang akan diikuti meliputi bidang ilmiah (Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an, dan Musabaqah Qiraatil Qur’an); bidang riset (Karya Tulis Ilmu-ilmu Sosial, Karya Tulis Bidang Sains dan Teknologi, Karya Inovatif, dan Business Plan); bidang olahraga (Futsal, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Karate, Pencak Silat, Taek Kwon Do, dan Panjat Dinding); serta bidang seni (Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Hifzdil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Kaligfari, Hadlrah, Monolog, Puitisasi Al-Qur’an, Film Pendek, Da’i/Da’iyah, Musikalisasi Hadis, Cipta Lagu Islami, Pop Solo Islami, Vlog, dan Story Telling).

Menurut Arief, persyaratan calon peserta di antaranya mahasiswa berstatus aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), melampirkan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), salinan sertifikat prestasi lomba yang pernah diikuti, dan salinan status aktif sebagai mahasiswa dari Forlap Pendidikan Tinggi.

Pendaftaran seleksi bagi calon peserta dibuka mulai 10-17 Februari dan seleksi akan digelar pada 24-28 Februari. Sedangkan pengumuman hasil kelulusan akan dibuka pada 6 Maret. Informasi pendaftaran dan pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di laman www.kemahasiswaan.uinjkt.ac.id.

IPPBMM ke VIII PTKIN Tahun 2020 se-Regional Jawa akan digelar di kampus UIN Yogyakarta pada 7-13 April 2020. Kontingen IPPBMM diikuti oleh sebanyak 18 PTKIN ditambah perguruan tinggi keagamaan Islam swasta (PTKIS).

“Mudahan-mudahan kontingen UIN Jakarta di gelaran IPPBMM tahun 2020 ini dapat menyabet banyak keping medali,” ujar Arief. (ns)

Share This