Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online – UIN Jakarta kembali membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk memperoleh beasiswa. Kesempatan tersebut diberikan kepada para mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah), Kartu Jakarta Pintar (KJP), atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

Demikian dikemukakan Kepala Subbagian Administrasi Kemahasiswaan Rosmayenni seusai menghadiri rapat penentuan beasiswa KIP-Kuliah tahap 3 di gedung Layanan Administrasi Kemahasiswaan, Senin (28/9/2020). Rapat dipimpin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer serta dihadiri Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAAKK) Jaenuddin dan Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Ikhwan.

“Karena masih banyak kuota yang tersedia, kami silakan bagi para mahasiswa untuk mendaftar secara online,” katanya.

Pendaftaran dibuka sejak 28 September dan akan ditutup 16 Oktober 2020 mendatang. Menurut Rosmayenni, laman pendaftaran beasiswa KIP-Kuliah dapat diakses di  https://spmb.uinjkt.ac.id/spmbv2/public/login_beasiswa.zul.

Rosmayenni mengatakan, beasiswa dari kementerian keuangan tersebut tak hanya diperuntukkan bagi pemegang dari ketiga kartu di atas. Mahasiswa lain, khususnya yang terdampak Covid-19, dapat juga mengajukan beasiswa dengan syarat-syarat tertentu.

Di antara kriteria terdampak Covid-19, jelas dia, adalah mahasiswa yang orang tua atau walinya meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Hal yang sama juga berlaku bagi mahasiswa yang orang tuanya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain itu, beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa angkatan 2019 yang belum mendapat beasiswa Bidikmisi atau beasiswa lain tetapi memiliki salah satu KIP/KJP/KKS-PKH. Calon penerima beasiswa lain adalah mahasiswa angkatan 2020 yang memiliki prestasi akademik dan memperoleh uang kuliah tunggal (UKT) kategori 1-3.

“Ketentuannya, bagi calon peserta beasiswa yang sudah mendaftar di tahap 1 dan 2 tidak perlu lagi mendaftar di tahap 3,” jelasnya.

Begitu pula bagi mahasiswa yang belum menyerahkan berkas di tahap 1 dan 2 dapat menyerahkan berkasnya di tahap 3. Sementara untuk mahasiswa berprestasi akademik dan memperoleh biaya UKT kategori 1-3 namun belum melengkapi berkas dapat melengkapinya di tahap 3.

Rosmayenni menambahkan, bagi mahasiswa yang akan mendaftar dan memenuhi syarat dapat menyerahkan seluruh berkas secara offline melalui layanan kantor pos. Berkas dikirimkan kepada Sub Bagian Administrasi Kemahasiswaan, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Gedung Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Ir H Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kode  Pos 15412 sebelum 16 Oktober 2020 (stempel pos).

Di tempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Masri Mansoer mengatakan, UIN Jakarta saat ini banyak menyediakan program beasiswa. Sebagian besar diberikan dari berbagai instansi pemerintah dan swasta serta mitra UIN Jakarta, sedangkan sebagian lagi beasiswa dari  internal UIN Jakarta.

Di antara beasiswa tersebut adalah KIP-Kuliah/KJP/KKS-PKH, Karya Salemba Empat (KSE), Perusahaan Listri Negara (PLN), Djarum Plus, dan BAZIZ DKI Jakarta.

“Oleh karena itu saya mengimbau bagi mahasiswa yang memenuhi semua persyaratan, silakan ajukan ke Bagian Kemahasiswaan dan Alumni,” katanya. (ns)

Foto: Dok Bagian Kemahasiswaan dan Alumni

Share This