Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta kembali akan melepas sarjana baru untuk program S1, S2, dan S3 tahun akademik 2017/2018. Acara pelepasan dan pengukuhan akan dilakukan pada Wisuda Sarjana ke-106 di Auditorium Harun Nasution pada 4-5 November 2017.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAAKK) Drs Zaenal Arifin MPdI saat memimpin rapat panitia persiapan wisuda di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, Selasa (24/10/2017). Rapat dihadiri sejumlah kepala bagian, kepala sub bagian, dan staf akademik serta mahasiswa perwakilan unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Zaenal mengatakan, jumlah peserta yang akan diwisuda ke-106 ini mencapai lebih dari 1.000 orang. Hal itu mengingat dengan banyaknya mahasiswa angkatan lama yang harus segera selesai tahun ini.

“Peserta wisuda kali ini ibaratnya cuci gudang. Karena ada ketentuan mereka (mahasiswa, Red) yang tidak segera selesai akan terancam drop out,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Zaenal, jumlah pasti peserta wisuda masih terus update. Paling tidak diberi batas waktu hingga 31 Oktober 2017.

Berdasarkan catatan di Bagian Akademik, jumlah peserta yang akan diwisuda, hingga berita ini diturunkan, telah mencapai 1.021 orang. Jumlah tersebut terdiri atas Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 263 orang, Fakultas Ushuludin (33 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (69 orang), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (82 orang), Fakultas Dirasat Isamiyah (18 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (139 orang), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (64 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (108 orang), Fakultas Adan dan Humaniora (120 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (44 orang), Fakultas Psikologi (42 orang), dan Sekolah Pascasarjana (39 orang), yaitu program S2 sebanyak 19 orang dan program S3 sebanyak 20 orang.

Seperti pada pelepasan sarjana baru sebelumnya, acara wisuda dilakukan dalam dua gelombang, yaitu pada hari libur perkuliahan (Sabtu dan Ahad). Hal itu dilakukan mengingat daya tampung gedung yang terbatas.

“Karena daya gedung tampung terbatas, upacara wisuda terpaksa dipecah menjadi dua gelombang,” jelas Zaenal.

Gelombang pertama pada Sabtu terdiri atas tujuh fakultas (FU, FSH, FDIK, FDI, FEB, FKIK, dan FST) dengan perkiraan peserta sebanyak 513 orang. Sedangkan gelombang kedua pada Ahad terdiri atas lima fakultas (FITK, FAH, FISIP, FPsi, dan SPs) dengan perkiraan peserta sebanyak 508 orang. Adapun gladi resik wisuda akan digelar pada 4 November 2017 di Auditorium Harun Nasution pukul 08.00-10.00 WIB.

Pada hari kedua upacara wisuda, kata Zaenal, juga akan dikukuhkan seorang guru besar baru dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, yaitu Prof Dr Ulfah Fajarini. (ns)

Share This