Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online – Ajang pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi, yakni Student Achievement Award (SAA), UIN Jakarta kembali akan digelar tahun ini. Penghargaan yang diberikan meliputi berbagai kategori, seperti bidang seni, olahraga, sosial, karya ilmiah, dan karya inovasi.

Kepala Sub Bagian Bina Bakat Mahasiswa Bagian Kemahasiswaan R Trisno Riyadhi kepada BERITA UIN Online di gedung Kemahasiswaan, Rabu (17/10/2018), mengatakan, SAA merupakan ajang tahunan UIN Jakarta berupa pemberian penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi di bidang non akademik. Pemberian penghargaan tersebut tak hanya bagi mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional tetapi juga dalam bentuk karya inovatif dan karya kreatif, baik karya individual maupun kelompok.

“Tujuan penghargaan selain sebagai bentuk apresiasi UIN Jakarta kepada mahasiswa, juga untuk memotivasi mahasiswa lain berprestasi sesuai bakat dan minat masing-masing,” katanya.

Pada gelaran SAA tahun ini, penghargaan yang akan dianugerahkan setidaknya ada lima kategori prestasi, yaitu kategori kejuaraan atau kompetisi (bidang seni, olahraga, penelitian ilmiah); kategori karya inovasi dan kreasi (pembuat aplikasi, penemuan, karya unik); kategori partisipasi aktif (pemakalah dan presentator); ketegori aksi sosial dan kemanusiaan (pegiat sosial, relawan, aktivis lingkungan, pendidik); dan kategori penghafal (tahfidz) al-Qur’an (30 juz).

Menurut Trisno, mahasiswa yang memiliki berbagai prestasi non akademik di atas dipersilakan untuk mendaftarkan langsung ke Bagian Kemahasiswaan pada hari kerja. Persyaratan di antaranya berupa salinan KTP/KTM serta menyertakan sejumlah dokumen pendukung, seperti sertifikat dan foto kegiatan. Selain itu, pendaftar juga diminta dan wajib mengisi softcopy dalam “spreadsheet“ email kemahasiswaan dengan nama file “Data SAA all Periode II”. Semua bentuk prestasi yang diajukan tersebut merupakan kegiatan tahun 2018.

Pembukaan pendaftaran SAA dilakukan mulai 9 Oktober dan akan ditutup pada 25 Oktober 2018 mendatang. Sedangkan acara penganugerahan direncanakan di Auditorium Harun Nasution pada November 2018. Untuk semua prestasi, UIN Jakarta akan memberikan dana apresiasi sebesar Rp 375 juta. (ns)

Share This