Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— UIN Jakarta menjadi enam besar kontributor laman daring pencarian sumber kepustakaan di tanah air, Indonesia OneSearch (IOS, http://onesearch.id/). Kontribusi ini diharap mendorong literasi pembaca di seluruh tanah air, meminimalkan plagiasi karya akademik, dan meningkatkan jumlah sitasi akademisi UIN Jakarta.
Demikian disampaikan Kepala Pusat Perpustakaan UIN Jakarta, Amrullah Hasbana S.Ag., SS., MA saat dihubungi BERITA UIN Online, Rabu (01/11/2017). “Alhamdulillah, kita bisa menjadi enam besar kontributor laman Indonesia Onesearch. Mudah-mudahan turut menumbuhkan budaya literasi tanah air,” katanya.
Di laman http://onesearch.id/, UIN Jakarta tercatat mengontribusikan 139.234 naskah kepustakaan. Sedang lima kontributor terbesar secara berurutan ditempati Perpustakaan Nasional RI sebanyak 785.635 naskah, BPAD DI Yogyakarta sebanyak 1878.400 naskah, Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 170.920 naskah, Universitas Andalas sebanyak 167.796 naskah, dan Universitas Kristen Petra Surabaya sebanyak 158.647 naskah.
Kemitraan UIN Jakarta dan prestasi menjadi enam besar kontributor dalam Indonesia Onesearch, lanjut Amrullah, amat berguna bagi peningkatan citra institusi maupun mendorong literasi publik tanah air. Bagi institusi, kemitraan ini akan meningkatkan akses pembaca dan tingkat sitasi yang menjadi ukuran feasibility pemeringkatan Webometrics.
Masih bagi institusi, lanjutnya, kontribusi dalam laman daring tersebut bisa memetakan pengetahuan institusi. “Makin tinggi sitasi dilakukan, dunia juga makin tahu expert di UIN Jakarta,” imbuhnya.
Sedang bagi pembaca, kemitraan kontribusi UIN Jakarta dalam laman memungkinkan mahasiswa dan pembaca lebih efektif dalam pencarian sumber dan penjelajahan gagasan. “Hal penting lainnya, ini memungkinkan mereka terhindar dari tindak plagiasi,” jelasnya.
Lebih jauh Amrullah menambahkan, peringkat kontribusi UIN Jakarta dalam laman http://onesearch.id/) bisa meningkat lebih tinggi jika seluruh perpustakaan fakultas dan program pascasarjana juga terintegrasi. Dengan posisi enam besar saat ini, kontribusi UIN Jakarta bersumber dari koleksi kepustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Dalam laman http://onesearch.id dijelaskan, Indonesia OneSearch IOS merupakan pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.
Hingga berita diturunkan, mitra Indonesia OneSearch terdiri dari Perpustakaan Nasional RI, 537 perguruan tinggi, 70 Kementerian/Lembaga pemerintahan di pusat dan daerah, 48 Kepustakaan Umum, dan 10 sekolah, dan empat penyedia arsip. Untuk menjadi mitra Indonesia OneSearch Untuk, setiap repositori harus menyediakan API berbasis Open Archive Initiatives, sebuah protokol pengambilan metadata yang digunakan lebih dari 75% repositori di dunia. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This