Meeting, BERITA UIN Online—Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta mengadakan sosialisasi terkait programnya tahun 2019, Rabu (8/5), di Ruang Meeting FSH UIN Jakarta lantai 2.

Dalam sosialisasi tersebut, Jajang Jahroni, Ketua LP2M menyampaikan salah satu tugas dan funsi lembaga yang dipimpinnya, yaitu meningkatkan mutu penelitian hingga penerbitan/publikasi penelitian. Untuk mewujudkan hal tersebut, Jajang menjelaskan bahwa LP2M membutuhkan kerjasama para dosen dalam meningkatkan mutu penelitian tahun 2019.

“Ada beberapa cara meningkatkan mutu penelitian, antara lain coaching clinic yakni forum diskusi dosen guna peningkatan penelitian dosen. Kemudian, mentoring dan partnering, yaitu kegiatan yang diketuai oleh mentor partner yang pernh menulis di jurnal bereputasi,” jelas Jajang.

Dijelaskannya, mentor merupakan seseorang atau sekelompok orang yang pernah berhasil menulis dan menerbitkan jurnal Q1 yang kemudian mengajarkan kepada seseorang/sekelompok yang pernah berhasil menulis dan menerbitkan jurnal Q2, Q2 mengajarkan kepada Q3, demikian seterusnya.

Jajang juga menambahkan, forum koordinasi antara dua kegiatan ini terdapat pada fakultas dan pengelola jurnal, sedangkan pihak LP2M akan mengawasi dalam lingkungan UIN Jakarta. Dalam waktu dekat coaching clinic dan mentoring akan diadakan di tiga fakultas terlebih dahulu, salah satunya FSH.

Di tempat yang sama, Dekan FSH, Ahmad Tholabi Kharlie menyambut baik sosialisasi yang disampaikan oleh LP2M. Sebagai mitra fakultas, LP2M sangat membantu dalam meningkatkan mutu penelitian para dosen-dosen yang ada di UIN Jakarta.

“FSH sangat mendukung dan siap membantu program-program yang dicanangkan oleh LP2M,” tandas Tholabi. Tidak lupa, Tholabi mengucapkan terima kasih telah mempercayai FSH sebagai salah satu Fakultas yang akan menjadi pilot project dua program kegiatan LP2M tersebut. [lrf/dmh]

Share This