Yogyakarta, BERITA UIN Online— Subbag Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta melakukan studi banding pengelolaan informasi perguruan tinggi ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (03/10/2017). Studi banding bertujuan menggali pengalaman kelolaan informasi dari perguruan tinggi negeri dengan peringkat Webometrics terbaik.
Tim studi banding UIN Jakarta dipimpin langsung Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Feni Arifiani S.Ag., MH. Tim sendiri diterima langsung Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Dr. Iva Ariani S.S., M.Hum., didampingi Kasubag Pemberitaan UGM Satria Ardhi Nugraha S.S., MA., dan Head of Information Services Division Hestining Kurniastuti MBA.
Kegiatan studi banding diisi presentasi dan diskusi pengelolaan informasi di lingkungan UGM Yogyakarta. Dalam presentasinya, Iva menuturkan, pengelolaan informasi dilakukan dengan menjadikan penyampaian informasi kepada publik sebagai salah satu kerja prioritas.
Penyampaian informasi sendiri dilakukan melalui berbagai media konvensional dan sosial. Media konvensional dilakukan dengan pemanfaatan media cetak seperti majalah dua bulanan, newsletter, dan laman website. “Seluruhnya kami tempuh karena memiliki segmentasi konsumen informasi masing-masing,” jelasnya.
Searah perkembangan teknologi media, jelasnya, UGM Yogyakarta juga memaksimalkan penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, dan youtube dalam menyajikan informasi Pemanfaatan media sosial dinilai mendukung penyampaian informasi melalu media konvensional.
Iva menambahkan, keberhasilan pengelolaan informasi yang dilakukan UGM Yogyakarta juga tidak lepas dari dukungan penuh pimpinan. “Kekuatan humas dalam menyampaikan informasi adalah di pimpinan. Syukurnya, pimpinan kami menyadari pentingnya peranan humas sebagai corong bagi universitas,” tandasna.
Dalam sambutannya, Feni mengakui, aktifitas pengelolaan informasi UGM Yogyakarta sudah sangat baik secara struktur maupun sistem. Hal ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan pimpinan maupun kesadaran sivitas dalam menyampaikan informasi kepada publik.
“Dengan begitu, tidak heran laman informasi website UGM menjadi salah satu website terbaik perguruan tinggi negeri nasional versi Webometrics,” tandasnya. (Farah NH/yuni nurkamaliah/zm)

Share This