Gedung FITK, BERITA UIN Online– Dalam rangka meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ PBSI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar tes UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) pada 27 Nopember 2017 mendatang di Pusat Bahasa Kampus 2 UIN Jakarta.

Ketua HMJ PBSI, Ramadhan, menyampaikan sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan bahasa Indonesia.

“Era global telah menciptakan persaingan bebas antarbangsa. Pada zaman yang seolah-olah tiada batas antarnegara, bahasa Indonesia harus lebih bertaji untuk memperkokoh budaya Indonesia di tengah pengaruh budaya-budaya lain di dunia,” ujar Ramadhan saat berada di Ruang Akademik FITK, Senin (20/11/2017).

Sepakat dengan ini, lanjutnya, segala upaya untuk lebih memartabatkan bahasa Indonesia terus dilakukan, termasuk dengan menciptakan sebuah sarana pengukur kemahiran berbahasa Indonesia, yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Dijelaskannya, tanpa menafikan peran wahana lain, UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.

“Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui bahasa Indonesia kita sudah baik atau belum dan juga untuk menambah kemampuan berbahasa Indonesia kita,” imbuh mahasiswa PBSI semester tujuh itu.

Ditegaskannya, bagi yang berminat dapat menghubungi Melati (081212999914) atau Ocha (085881077321). Sedangkan untuk tata cara pembayaran dan informasi lainnya dapat dilihat di website resmi HMJ PBSI http://www.hmjpbsi.com.

Sebagai informasi, dilansir dari http://ukbi.kemdikbud.go.id/, UKBI merupakan tes berbahasa Indonesia yang berstandar nasional dan berpeluang internasional. Walaupun demikian, kebakuannya akan terus ditingkatkan dengan mengikuti perkembangan ilmu pengujian, ilmu bahasa, budaya, dan zaman.

Diketahui, selain menggelar tes UKBI, HMJ PBSI juga menggelar Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMK/SMA/MAN sederajat wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat dengan tahap seleksi pada 17-19 Nopember 2017 di regional tiap wilayah dan Seminar Kebahasaan pada 28 Nopember 2017 di Aula SC UIN Jakarta. (mf)

Share This