Ruang Sidang Utama, BERITA UIN Online – Tim Asesor dari ASEAN University Network-Quallity Assurance (AUN-QA), Selasa (30/4/2019) siang ini mulai melakukan penilaian (assessment) terhadap tiga program studi. Tim akan berada di fakultas selama dua hari hingga Rabu (1/5/2019) besok.

Ketiga prodi yang akan disertifikasi adalah Akhwal Syakhsiyah (Hukum Keluarga) di Fakultas Syariah dan Hukum, Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Sistem Informasi di Fakultas Sains dan Teknologi. Sertifikasi dilakukan agar ketiga prodi memperoleh pengakuan di tingkat regional-global.

Sebelum memvisitasi ke ketiga fakultas, tim terlebih dahulu melakukan pertemuan dan perkenalan dengan pimpinan UIN Jakarta di Ruang Diorama. Acara perkenalan dihadiri Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, para wakil rektor, dekan, serta para ketua program studi dari tiga fakultas.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim asesor AUN-QA. Ia juga menyambut gembira karena UIN Jakarta memperoleh sejarah baru dalam penyertifikasian prodi di tingkat ASEAN.

“Kedatangan tim asesor AUN-QA ke UIN Jakarta merupakan kali kedua setelah tahun 2016 lalu berhasil menyertifikasi empat prodi,” katanya.

Menurut Rektor, UIN Jakarta akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas proses mengajar mengajar, penguatan manajemen sistem, pengembangan riset, dan pengakuan internasional. Capaian itu telah dilakukan, di antaranya dengan perolehan nilai A pada Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Karena itu, sebagai lembaga akreditasi internasional, Rektor berharap tim asesor AUN-QA dapat memberikan feedback positif demi kemajuan UIN Jakarta di masa mendatang. Sebaliknya, Rektor juga minta kepada tim dari ketiga prodi dapat mengikuti semua saran yang diberikan oleh tim asesor selama proses penilaian berlangsung di fakultas masing-masing.

“Insya Allah, ke depan kita akan terus menyertifikasi prodi-prodi lain di tingkat regional ASEAN dan bahkan internasional,” ujarnya.

Syahrir Abdullah, salah satu dari tim asesor AUN-QA asal Malaysia, yang mewakili tim menyatakan terima kasih kepada pihak panitia atas keramahannya dalam menyambut tim asesor AUN-QA dan Sekretariat AUN-QA. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan UIN Jakarta yang telah memberikan kepercayaan tinggi kepada AUN-QA dalam melakukan penilaian prodi.

“AUN-QA selalu berperan aktif dan terus membantu lembaga perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya di tingkat ASEAN,” katanya.

Sesuai jadwal, selama dua hari ke depan, tim asesor AUN-QA berada di tiga fakultas guna melakukan penilaian langsung terhadap tiga prodi yang akan disertifikasi. Tim di antaranya akan berdiskusi dengan pimpinan dan staf fakultas maupun prodi. Diskusi tersebut berlangsung tertutup dan terbatas.

Proses sertifikasi ketiga prodi berlangsung mulai 30 April hingga 2 Mei 2019. Adapun tim asesor AUN-QA yang akan menilai berjumlah enam orang dari empat negara, yakni Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Mereka adalah Chavalit Wongse-ek (Mahidol University, Thailand), Monet M. Loquias (University of the Philippines), Fauza Ab. Ghaffar (University of Malaya, Malaysia), Pham Van Tuan (The University of Danang, Vietnam), Shahrir Abdullah (Universiti Kebangsaan Malaysia), SiriluckKiewkong (Mahidol University, Thailand). (ns)

Share This