Pondok Gede, BERITA UIN Online – Rumah Sakit Syarif Hidayatullah UIN Jakarta dan Rumah Sakit Haji Jakarta menerima bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bantuan yang diberikan berupa hazmat, kacamata safety, sepatu boot, dan cover shoes.

Acara penyerahan bantuan dilakukan di RS Haji Jakarta, Pondok Gede, Bekasi, Senin (30/3/2020). Bantuan diberikan oleh Kepala Program Rumah Sehat Baznas Reza Ramdhoni kepada Direktur RS Syahid Amir Fauzi. Sedangkan untuk RS Haji Jakarta diberikan kepada Ketua Tim Satgas Covid-19 Mahesa.

Seluruh bantuan akan dimanfatkan oleh para tenaga medis dalan upaya menangani para pasien Covid-19. Adapun jumlah bantuan meliputi baju hazmat sebanyak 116 lembar, kacamata safety (39 buah), sepatu boot (164 pasang), dan cover shoes (64 buah).

“Baju hazmat, kacamata safety, dan sepatu boot adalah kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh para tenaga medis, karena merekalah yang berada di garis depan penanganan Covid-19 ini. Tim medis sangat bergantung pada alat pelindung tersebut untuk menjaga mereka agar tidak tertular dari virus,” ujar Reza Ramdhoni, seperti ditulis baznas.go.id, Senin (30/3/2020).

Reza berharap bantuan yang diberikan dapat membantu para tenaga medis dalam memaksimalkan tugas mereka untuk menangani pasien Covid-19.

“Beban berat yang dipikul tenaga medis sebagai ujung tombak penanganan pasien Covid-19 harus diimbangi dengan perlindungan mereka dalam menjalankan tugas. Semoga bantuan alat pelindung diri menjadi awal untuk memberikan kepada para tenaga medis lainnya dalam perjuangan melawan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPKH, Anggito Abimanyu, berkeyakinan bahwa bantuan yang diberikan akan dipergunakan secara optimal untuk melayani pasien Covid-19.

“Semoga bantuan ini bermanfaat membantu mereka yang mungkin diisolasi dan dilayani di RS Haji dan RS Syahida UIN Jakarta. Kami percaya Baznas dapat mampu menyalurkan dengan cepat dan tepat serta amanah,” ucapnya.

Secara terpisah, Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menyatakan sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan BPKH Baznas kepada RS Syahid. Semoga semua peralatan diri itu dapat bermanfaat guna melindungi para petugas medis saat menjalankan tugasnya.

Alhamdulillah kita jadi sedikit lega. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat membantu para tenaga medis saat bekerja,” katanya. (ns)

Share This