Bandung, BERITA UIN Online– Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa baru terhadap konsep-konsep fisika dasar khususnya semester pertama dan ketiga, Tadris Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar perkuliahan di luar kampus pada Sabtu (1/11/2019).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Puspa Iptek Sundial Jl Raya Padalarang No 427 Kertajaya Padalarang Bandung Barat Jawa Barat ini, diharapkan mahasiswa dapat mengamati, mempraktekkan langsung alat peraganya dan mengasosiasikan konsep fisikanya.

“Mereka di tugaskan untuk membuat vlog sederhana terkait alat-alat fisika yang diamati atau di coba dengan disertai paparan-paparan prinsip fisika yang berkerja pada alat tersebut,” ujar Ketua Jurusan Tadris Fisika Iwan Permana Suwarna MPd saat mendampingi para mahasiswa.

Belajar di luar ruangan kelas, lanjutnya, merupakan salah satu upaya menciptakan perkuliahan yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan di dalam kelas.

“Pembelajaran tak perlu selalu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka, tempat manusia bisa saling berinteraksi,” imbuhnya.

Iwan berharap kegiatan ini dapat menjamin capaian pembelajaran lulusan yang berkualitas dan meningkatkan suasana akademik dengan efektif.

Menurutnya, mengajak mahasiswa belajar di luar kelas dapat memberi pengaruh positif, menambah wawasan, dapat langsung mengetahui aplikasi konsep fisika di lapangan.

“Kegiatan ini akan terus dijadikan tradisi dalam menciptakan suasana akademik perkuliahan yang kondusif,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan perkuliahan luar kelas ini didampingi oleh tiga orang dosen tadris fisika, Ai Nurlaela MSi (dosen matakuliah Fisika Dasar dan Mekanika), Drs Hasian Pohan MSi (dosen Praktikum Fisika Dasar), dan Iwan Permana Suwarna MPd (dosen Matakuliah Media Pembelajaran). (lrf/mf)

Share This