Gd. Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Jakarta menggelar pertemuan dan silaturahmi antar sivitas akademi FU dengan wali mahasiswa baru FU angkatan tahun 2019 di Gedung Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution pada Kamis (19/9/2019). Kegiatan bertema Komitmen Bersama Meningkatkan Mutu Mahasiswa Fakultas Ushuluddin yang Moderat, Unggul, dan Berprestasi ini diharap mensinergikan peran fakultas dan wali mahasiswa bagi proses belajar mereka di UIN Jakarta.

Kegiatan dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Masri Mansoer MA yang juga Guru Besar FU UIN Jakarta. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan sambutan dan paparan dari Dekan FU Dr. Yusuf Rahman, MA., dilanjutkan oleh Wadek Bidang Akademik Kusmana, MA. Ph.D., Wadek Bidang Administrasi Umum Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA., dan Wadek III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Media Zainul Bahri, MA.

Dalam sambutannya, Dekan FU menuturkan, pihaknya berinisiatif menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan para orang tua wali mahasiswa baru. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran mahasiswa FU bisa dilakukan secara sinergis antara fakultas dengan para orang tua wali mahasiswa. Dengan begitu, para mahasiswa bisa mengisi kegiatan belajarnya dengan baik.

Menurutnya, keterlibatan para orang tua wali mahasiswa diperlukan dengan ikut memantau perkembangan anak-anak mereka di bidang akademik maupun nonakademik. Idealnya, katanya, mahasiswa bisa menyelesaikan studinya selama delapan semester atau empat tahun.

Untuk itu, sambungnya, bantuan wali mahasiswa sangat diharapkan agar seluruh mahasiswa FU tahun akademik 2019/2020 mampu menyelesaikan studi dengan cepat. “Kalau menurut aturannya, itu yang kita sebut dengan tepat waktu itu 4 tahun. Mudah-mudahan kita di sini bertemu, dan empat tahun kita bertemu lagi dalam kondisi putra-putrinya diwisuda,” paparnya.

Sebagai fakultas di lingkungan UIN Jakarta, lanjut dekan, FU UIN Jakarta memikul tanggungjawab mengembangkan pengembangan keilmuan dan sikap keberagamaan moderat. Selain itu, FU akan berusaha menjadikan mahasiswanya unggul dan berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik.

“Menjadi fakultas moderat, unggul, dan berprestasi. Unggul yang kami maksudkan di sini, lulus tepat waktu, kemudian karya ilmiahnya juga berkualitas, karena kali ini kita juga mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian-penelitian,” paparnya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB siang hari itu diisi dengan dialog langsung antara para orang tua wali mahasiswa dengan pimpinan dekanat dan para ketua program studi. Kegiataan dimeriahkan dengan penampilan tari dan pentas musik para mahasiswa FU UIN Jakarta. Acara diakhiri dengan pembentukan Forum Wali Mahasiswa FU UIN Jakarta Tahun Akademik 2019/2020. (adit/zm)

Share This