Gedung FSH, Berita UIN Online – Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta menggelar Studium General bertajuk “Pengawasan Terhadap Pelayanan Publik di Indonesia” dengan menghadirkan ketua Ombudsman Republik Indonesia, Amzulian Rifai sebagai keynote speaker. Sebelum memberikan materi, Amzulian Rifai didampingi Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Asep Saepudin Jahar menemui rektor di gedung rektorat, Kamis (12/4) pagi.

Dalam materi yang disampaikannya, Amzulian Rifai banyak bercerita tentang berbagai permasalahan yang timbul dalam pelayanan publik pada masyarakat di Indonesia. Keluhan masyarakat diakui masih banyak yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Amzulian menjelaskan, gagasan masyarakat mengenai pelayanan publik secara baik telah ditampung oleh pemerintah, namun hal tersebut masih terkendala saat mengimplementasikannya.

“Banyak ketentuan dan aturan yang lemah dalam implementasinya. Oleh karena itu pimpinan harus bisa memastikan bahwa segala ketentuan itu sifatnya implementatif,” ungkap Amzulian.

Hal tersebut, lanjut Amzulian, tentunya perlu adanya komitmen dari para penyelenggara negara serta para pimpinan dari berbagai institusi untuk dapat mengimplementasikan pelayanan publik. “Karena itu merupakan tantangan dari para pimpinan untuk menyediakan pelayanan pubik yang baik bagi masyarakat,” lanjut Amzulian.

Disisi lain, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Asep Saepudin Jahar menyambut baik studium general yang menghadirkan ketua Ombudsman. Selain dapat mengenalkan lembaga Ombudsman beserta fungsinya, para mahasiswa juga dapat belajar bagaimana memberikan pelayanan, baik untuk diri sendiri maupun kepada orang lain saat turun di lingkungan masyarakat.

“Ada beberapa hal yang harus dipelajari dari datangnya ketua Ombudsman, salah satunya bagaimana mahasiswa bisa memahami apa sebenarnya lembaga Ombudsman. Mereka juga bisa belajar baik secara akademik maupun di luar akademik bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” papar Asep. (ns/aw)

Share This