Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Guna meminimalisir sebaran virus Covid19 di lingkungan kampus, Bagian Umum UIN Jakarta terus mengintensifkan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah kampus. Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UIN Jakarta.

Pantauan BERITA UIN Online, Selasa (31/3/2020), sejumlah petugas kebersihan dan keamanan bahu membahu melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah areal kampus. Berbekal beberapa mesin penyemprotan, para petugas yang ditunjuk melakukan tugasnya secara merata di berbagai gedung yang sudah ditunjuk.

Penyemprotan yang dimulai pukul 08.00 WIB pagi hari hingga sore hari pukul 15.00 WIB dipantau langsung Kepala Subbagian Rumah Tangga, Tata Taftadjani SE. “Alhamdulillah, sudah semua gedung kita sasar. Sejak hari Jumat (27/03/2020) kemarin. Kita kerahkan para petugas di lapangan,” paparnya.

Tata menambahkan, sejak Jumat hingga Selasa (31/3/2020), pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah wilayah. Diantaranya rumah dinas, seluruh gedung asrama mahasiswa dan ma’had aly, gedung FIDKOM, Gedung FAH, Gedung FISIP, Gedung FU, Gedung Rektorat, Gedung Warek Kemahasiswaan, Gedung FITK, Gedung FDI, Pusat Perpustakaan, Gedung Psikologi, dan Gedung FISIP. “Fikes dan FK telah melakukan penyemprotan secara mandiri, disusul FEB dan FST,” tambahnya.

Tata menambahkan, kegiatan penyemprotan sendiri dilakukan dengan menggunakan bahan yang tersedia di Laboratorium FIKES, baik material utama disinfektan maupun alat-alat pelindung diri. Bahan yang biasanya digunakan untuk praktikum laboratorium dialihkan sementara penggunaannya untuk penyemprotan disinfektan Covid 19.

“Situasinya serba darurat. Kita gunakan dulu bahan yang tersedia. Mudah-mudahan ini efektif dalam meminimalisir dampak sebaran virus,” tambahnya.

Setiap satu galon semprotan ukuran 19-20 liter, sambung Tata, membutuhkan material utama disinfektan setara 40 ml. “Alhamdulillah, penyemprotan hari ini kita mendapat 1 liter material disinfektan dari Fikes, sehingga jika per galon membutuhkan 40 ml, lumayan juga bisa menjangkau banyak wilayah yang bisa disemprot disinfektan,” tuturnya.

Diakui Tata, penyemprotan disinfektan dilakukan dengan memprioritaskan areal yang dinilai potensial menyimpan sebaran virus. Selain ruang kerja, areal yang potensial yang jadi sasaran penyemprotan adalah tangga dan pintu-pintu. “Ruang kelas tidak kita semprot dulu karena kelas juga tidak dipakai sementara ini,” jelasnya.

Sementara itu, selain melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai gedung di lingkungan UIN Jakarta, Bagian Umum juga mengefektifkan penjagaan gedung maupun fasilitas Barang Milik Negara (BMN) UIN Jakarta lainnya. Tiga grup satuan pengamanan UIN Jakarta disiagakan dengan pergantian tugas tiga kali dalam 24 jam.

“Mudah-mudahan dengan penyemprotan disinfektan maupun penyiagaan petugas keamanan, kebersihan dan keamanan lingkungan kampus tetap terjaga,” harapnya. (Foto: Bagian Umum/Teks: Zaenal Muttaqin)

Share This