Gedung FITK, BERITA UIN Online– Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta melakukan riset Fenomena Aktivitas Filantropi Masyarakat Muslim dalam Kerangka Keadilan Sosial di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Direktur STF Dr Amelia Fauziah MA pada acara Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta lt 2 pada Rabu (15/11/2017).

Amelia dalam paparannya di hadapan sejumlah perwakilan dari beberapa lembaga sosial menyampaikan bahwa temuan riset tahun 2003 menemukan bahwa dana filantropi yang dikeluarkan masyarakat Muslim adalah sebesar Rp 19,3 trilyun dalam satu tahun.

“Namun hanya 5% saja yang terserap lembaga sosial, selebihnya bersifat karitas dan bukan untuk tujuan jangka panjang dan menyelesaikan persoalan-persoalan kemanusiaan mendasar atau keadilan sosial,” ujar Amelia.

Penelitian yang dilakukan saat ini, sambung Amelia, merupakan riset awal yang diharapkan dapat memetakan seberapa besar aktivitas filantropi berkeadilan sosial, pada masa sekarang yang dilakukan oleh lembaga.

“Penelitian didukung oleh Ford Foundation dan dilakukan oleh tim STF UIN Jakarta dengan mengumpulkan data, diskusi dalam FGD dan wawancara mendalam kepada pihak lembaga maupun penerima manfaat,” imbuhnya.

Hadir dalam FGD tersebut perwakilan dari MAI Foundation, Sinar Mas, ACT, PKPU HI, Lazismu, NU Care, DD, BWI, Laz Harfa Banten, Sinergi Foundation dan Akademisi.

Sebelumnya, FGD serupa dilakukan di Surabaya pada Jumat 10 November 2017 dan dihadiri pula oleh para pegiat filantropi, baznas, dan akademisi di Surabaya.

Sebagai informasi, sejak terbentuk pada medio 2012 lalu sebagai lembaga berstatus non struktural di bawah UIN Jakarta, STF UIN Jakarta memiliki concern di bidang charity, riset, advokasi dan endownment. (mf)

Share This