Ciputat, BERITA UIN Online— Lembaga sosial kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta kembali menawarkan beasiswa prestasi bagi mahasiswa UIN Jakarta. Mahasiswa yang berminat dipersilahkan mendaftar untuk kemudian diseleksi oleh tim. Pendaftaran beasiswa dibuka mulai 1-20 Juli ini untuk kemudian diseleksi dan diumumkan pada 29 Juli mendatang.

Rilis STF UIN Jakarta yang didapat BERITA UIN Online, Kamis (4/7/2019), menyebutkan beasiswa ditawarkan kepada mahasiswa aktif di berbagai fakultas dan program studi UIN Jakarta. Selain tercatat aktif sebagai mahasiswa, para peminat Beasiswa Prestasi juga wajib memenuhi beberapa persyaratan lain.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3.2, tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain, mahasiswa semester III-VII, dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan. Diantaranya pas foto ukuran 3 X 4, daftar riwayat hidup, identitas diri, transkip akademik, dan surat keterangan tidak mampu.

Dokumen lainnya adalah personal statement peminat Beasiswa Prestasi. Personal statement berisi deskripsi tentang kontribusi yang akan mereka lakukan setelah menjadi penerima beasiswa Prestasi STF UIN Jakarta.

Syarat lain yang harus mereka penuhi untuk mendapatkan beasiswa ini adalah bersedia menjadi volunteer STF UIN Jakarta. Direktur STF UIN Jakarta, Dr. Amelia Fauzia, dalam beberapa kesempatan menyebutkan penerima beasiswa STF UIN Jakarta bakal didorong ikut ambil peran dalam kegiatan filantropi dengan mendonasikan waktu dan tenaga bagi kegiatan sosial.

“Beasiswa Prestasi sendiri diberikan sebagai dukungan STF UIN Jakarta bagi mahasiswa guna memotivasinya meraih prestasi lebih baik,” tambahnya.

Bagi mahasiswa berminat, STF UIN Jakarta meminta mengakses informasinya di laman https://www.stfuinjakarta.org/2019/07/01/penerimaan-beasiswa-social-trust-fund-stf-uin-jakarta-tahun-akademik-2019-2020/. Selain informasi persyaratan dan jadwal, di laman ini para peminat bisa mengunduh formulir pendaftaran beasiswa.

Sebelumnya, STF UIN Jakarta telah menyalurkan Beasiswa Prestasi gelombang pertama pada Februari lalu. Dari 94 orang pendaftar, 14 orang dari berbagai fakultas dan prodi UIN Jakarta berhasil lolos seleksi dan meraih beasiswa yang ditawarkan.

Diketahui, sejak berdirinya di tahun 2012 STF UIN Jakarta banyak menyalurkan bantuan kemanusiaan yang dititipkan lembaga dan individu donatur. Selain pemberdayaan masyarakat, bantuan bencana, dan advokasi sosial wilayah eks konflik, STF UIN Jakarta juga menyalurkan donasi beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi.

Untuk itu, dengan fungsi sosial yang diembannya, STF UIN Jakarta mempersilahkan para donatur untuk menitipkan donasinya. Seluruh dana donasi akan disalurkan ke sasaran sekaligus dilaporkan penggunaannya. (tri/zm)

Share This