Gedung SPs, BERITA UIN Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta menerima kunjungan dua tamu dari University of East Anglia (UEA), Inggris, yakni Susan Matthews dan Audrey Heppleston, Kamis (11/7/2019). Kedua pejabat senior di universitas tersebut diterima Direktur SPs UIN Jakarta Jamhari Makruf, Wakil Direktur Hamka Hasan, dan Ketua Program Magister JM Muslimin.

Direktur Jamhari Makruf mengatakan sangat berterima kasih atas kunjungan kehormatan dua doktor wanita itu ke sekolahnya. Ia juga senang SPs UIN Jakarta menjadi salah satu tujuan UEA untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan.

“Bahkan kami berharap UEA menjadi ‘juru bicara’ mengenai UIN Jakarta di dunia internasional, khususnya di Inggris,” katanya.

Hal yang sama juga dikemukakan Susan Matthews. Menurut dia, kunjungan UEA ke SPs UIN Jakarta dalam rangka memperluas kerja sama internasional dengan berbagai universitas. UEA sangat berkepentingan dengan SPs UIN Jakarta mengingat semangatnya untuk membangun perdamaian di dunia.

Susan Matthews dan Audrey Heppleston dalam kunjungan keduanya ke SPs UIN Jakarta tak lain untuk mewakili UEA guna membahas kerja sama antarkedua lembaga. Menurut keduanya, ada beberapa skema kerja sama yang dapat dilakukan, di antaranya program student exchange, research exchange, dan pembukaan jalur beasiswa riset dan pembiayaan studi.

“Kerja sama dalam program tersebut sangat strategis guna meningkatkan saling kesepahaman bersama, bukan hanya soal agama melainkan juga pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar Susan Matthews.

Sementara itu, menurut Ketua Program Magister JM Muslimin, UEA merupakan salah satu universitas ternama di Britania Raya. Universitas ini memiliki keunggulan di bidang riset. Selain itu, universitas ini juga termasuk 10 besar dunia untuk universitas yang berusia kurang dari 50 tahun, serta nomor tiga di seluruh Britania Raya.

Untuk itu, JM Muslimin berharap kerja sama antara SPs UIN Jakarta dan UEA akan berjalan dengan baik sesuai tujuan dan misi bersama.

Alhamdulilah, selama hampir satu bulan ini SPs UIN Jakarta banyak menerima kunjungan tamu dari luar negeri, baik yang mewakili perseorangan maupun lembaga. Dalam konteks internasionalisasi SPs UIN Jakarta, kedatangan tamu asing itu tentu sangat menguntungkan,” katanya.

Kunjungan kedua wakil UEA ke SPs UIN Jakarta itu tak hanya khusus membahas soal peningkatan kerja sama. Keduanya bahkan diajak berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa SPs UIN Jakarta, baik dari program magister maupun program doktor. (ns)

Share This