Pandeglang, BERITA UIN Online— Ratusan santri pesantren dan siswa madrasah Pandeglang, Banten, antusias mengikuti sosialisasi pendaftaran masuk dan perkuliahan UIN Jakarta yang berlangsung di sejumlah pesantren dan madrasah di Pandeglang, Selasa-Kamis (6-8/11/2018). Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan beasiswa APBN-BLU menjadi sandaran harapan melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Jakarta.

Arfiani, santriwati Pesantren-Madrasah Jurusan IPS Madrasah Aliyah Linahdhatil Ulama (MALNU) Menes misalnya, mengaku baru kali ini mendapat informasi perkuliahan dari universitas langsung. Dengan begitu, ia bisa bertanya banyak hal seputar informasi jalur masuk, status program studi, biaya, bahkan lingkungan tinggal selama kuliah.

“Saya senang banget ada kampus seperti UIN Jakarta melakukan sosialisasi ke pesantren kami. Mudah-mudahan kami bisa kuliah di sana. Doakan ya, Pak,” ujarnya saat berbincang dengan BERITA UIN Online.

Bersama rekannya dari jurusan yang sama, Hasanah, Arfiani mengaku ingin mendaftar kuliah di Jurusan Manajemen atau Perbankan Syariah. Baik Arfiani maupun Hasanah mengaku tertarik kuliah di UIN Jakarta karena status akreditasi, kualitas pengajar, maupun status UIN Jakarta sendiri.

Lain halnya Hasanah dan Arfiani, Nur Asiah, siswi kelas III-IPA MAN Cihidieung, misalnya, mengaku baru mengetahui biaya kuliah di UIN Jakarta dengan sistem UKT ternyata lebih murah dibanding kuliah di berbagai perguruan tinggi swasta di wilayah terdekatnya. Terlebih beban biaya juga disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga.

“Saya ingin meneruskan kuliah ke Jurusan Keperawatan. Saya ingin jadi Nurse. Mudah-mudahan saya kuliah di UIN Jakarta,” ujar anak pertama dari lima anak pasangan orang tua pengojek dan tukang dagang kecil-kecilan ini.

Senada dengan Nur Asiah, Affandi dari Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar mengaku akan belajar keras supaya bisa lolos seleksi masuk kuliah di UIN Jakarta. Anak nelayan dari Labuan yang kini mengambil Jurusan IPA ini berencana kuliah di Jurusan Psikologi atau Jurusan Pendidikan IPA.

“Kalau negeri kan ada beasiswanya. Beda dengan swasta. Buat siswa seperti saya, kuliah di UIN Jakarta itu harus. Tapi saya juga akan berusaha keras dapat beasiswa biar bisa meringankan beban orang tua,” katanya.

Sosialisasi UIN Jakarta sendiri menyasar sejumlah pesantren dan madrasah di Kabupaten Pandeglang. Diantaranya MAN 1 Ciekek Pandeglang, MAN 2 Cihideung Pandeglang, Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Pusat Cimanying, Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Li-Nahdlatil Ulama-Pesantren al-Muawanah Menes, dan MA-Pesantren An-Nidhomiyah Labuan. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This