Ruang Diorama, BERITA UIN Online—Senat UIN Jakarta mengapresiasi sejumlah pencapaian program kerja pengembangan yang dicapai kepemimpinan rektorat hingga akhir tahun kinerja 2017. Senat berharap keberhasilan program kerja yang telah dicapai terus dijaga dan ditingkatkan dalam memperkuat kontribusi keilmuan dan keislaman UIN Jakarta bagi publik tanah air dan masyarakat dunia.
Demikian disampaikan Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dr. M. Atho Mudhzar saat menutup rapat pelaporan kinerja 2017 kepemimpinan rektorat UIN Jakarta di Ruang Diorama, Selasa (16/01/2018). “Kami apresiasi atas keberhasilan yang dicapai. Semoga di tahun 2018 dan mendatang bisa terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya,” ucapnya.
Pada rapat tersebut, Rektor Prof. Dr. Dede Rosyada MA menyampaikan laporan program pengembangan UIN Jakarta di hadapan pimpinan, sekretaris, ketua komisi, dan anggota senat UIN Jakarta. Turut mendamping rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Fadhilah Suralaga M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Abdul Hamid MS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Yusran Razak MA, dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Murodi, M.Ag.
Salah satu yang diapresiasi senat adalah keberhasilan dalam meningkatkan jumlah jurnal ilmiah terakreditasi dan penyelenggaraan konferensi internasional dengan prosiding terindeks. Menurut Atho, peningkatan jurnal dan prosiding terindeks menjadi hal yang harus diperhatikan oleh UIN Jakarta sebagai lembaga akademik.
“Pada tahun-tahun lalu, saya pribadi kebingungan saat ingin mempublikasikan artikel. Namun dengan pertambahan ini, mudah-mudahan kebingungan seperti yang saya alami tidak dialami yang lain,” katanya.
Diketahui, hingga akhir 2017 UIN Jakarta berhasil meningkatkan jumlah jurnal terakreditasi menjadi 10 jurnal dari sebelumnya hanya empat jurnal. Ke-10 jurnal itu adalah Jurnal Kimia Valensi, Jurnal Tarbiya, Jurnal Arabiyat, Jurnal Edusains, Jurnal Etikonomi, dan Jurnal al-Iqtishad, Jurnal Ilmu Ushuluddin, Jurnal Signifikan, dan Jurnal Ahkam, dan Jurnal Studia Islamika yang terindeks SCOPUS.
Pada rapat pelaporan tersebut, rektor sendiri melaporkan berbagai progress pengembangan UIN Jakarta sepanjang tahun 2015-2017. Pengembangan mencakup bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, kerjasama dan pengembangan lembaga, dan keuangan dan sarana prasarana.
“Alhamdulillah berkat kerja bersama rektorat dan dukungan senat universitas, dari kelima bidang yang disampaikan dapat dikatakan seluruhnya mengalami peningkatan kuantitas sekaligus peningkatan mutu. Mudah-mudahan di tahun mendatang bisa terus ditingkatkan,” pungkas rektor. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This