Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) jalur Ujian Mandiri (UM) UIN Jakarta tahun akademik 2019/2020 akan dibuka mulai 22 Maret 2019, bukan 18 Maret 2019 yang selama ini beredar. Hal itu dikatakan Kepala Humas UIN Jakarta Samsudin kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Selasa (19/3/2019).

Samsudin menjelaskan, berdasarkan hasil keputusan rapat bidang akademik dan panitia UM di gedung Administrasi Akademik pada Senin (18/3/2019) kemarin, masa pendaftaran diundur dari semula 18 Maret menjadi 22 Maret. Pengunduran dilakukan mengingat masih banyak yang harus dipersiapkan terkait penerimaan mahasiswa baru tersebut.

“Pada kalender akademik UIN Jakarta tertulis pendaftaran UM mulai dibuka 18 Maret 2019. Namun, setelah dikaji, sistem kami belum siap sehingga harus diundur,” katanya.

Pendafaran jalur UM akan berlangsung hingga 17 Mei 2019. Jalur ini dibuka secara online di laman spmb.uinjkt.ac.id. Cara memulai pendaftaran, calon peserta dapat membuka laman tersebut dan mengklik “generate” untuk mengisi biodata singkat dan mendapatkan kode bayar.

Setelah mendapatkan kode bayar, calon peserta diminta ke bank mitra yang ditunjuk guna melakukan pembayaran biaya seleksi. Dari bank lalu akan mendapatkan username dan PIN untuk kemudian melakukan login pendaftaran di alamat laman yang sama serta mengisi biodata lengkap.

Jalur UM atau SPMB Mandiri merupakan sistem seleksi masuk UIN Jakarta reguler. Sebanyak 54 program studi ditawarkan di jalur ini, baik yang bersifat keagamaan maupun umum. Sementara jumlah kuota penerimaan yang disediakan sebanyak 1.958 kursi.

Seleksi UM akan digelar pada 22 Juni 2019 dalam bentuk ujian tulis. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2019 secara online. (ns)

Share This