Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya dan PPB UIN lainnya se-Indonesia diamanahkan melaksanakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru ke Negara Mesir, Sudan dan Maroko, baik program S1 beasiswa maupun non beasiswa, sebagai tindak lanjut dari dari Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Republik Indonesia (Kementerian Agama RI) dengan pemerintah Arab Mesir (Al-Azhar Al-Syarif), pemerintah Rebublik Sudan, pemerintah Kerajaan Maroko, dan pemerintah Kerajaan Lebanon dalam bidang pendidikan melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam.

Azkiyah penanggung jawab lokasi UIN Jakarta mengatakan kepada BERITA UIN Online, Kamis, (13/6/2019) bahwa tujuan seleksi ini untuk menyaring lulusan Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren dan sederajat lainnya yang memiliki kemampuan dan minat kuat untuk melanjutkan studi diluar negeri, serta menentukan calon peserta yanga akan melanjutkan studi di Mesir, Sudan dan maroko dengan jalur beasiswa dan non beasiswa.

 “Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Indonesia Program S1 ke Timur Tengah diharuskan membawa kelengkapan test, antara lain membawa Laptop yang terinstall Google Chrome, Keyboard Arabic, Headset Webcam aktif,” serta dihimbau cek lokasi sehari sebelum pelaskanaan ujian, datang lebih awal, membawa bukti bayar dan bukti pendaftaran imbuh Azkiyah.

Test akan dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juni 2019 dan dibagi menjadi empat sesi, sesi pertama pukul 07.30 sampai dengan 09.00  WIB, Sesi Kedua pukul 09.15 sampai dengan 10.45 WIB, Sesi Ketiga pukul 11.00 sampai dengan 12.30 WIB dan Sesi Keemapat pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Materi dan waktu seleksi menjadi dua tahap, tahap pertama adalah tes kemampuan bahasa Arab secara online menggunakan aplikasi e-test. Tes tahap kedua yaitu tes percakapan menggunakan bahasa Aran, membaca dan hafalan al-Qur’an minimal dua juz.

Hasil seleksi akan diumumkan di portal Kementerian Agama www.diktis.kemenag.go.id pada tanggal 22 Juni 2019 tuk tahap pertama dan seleksi tahap kedua dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 29-30 Juni 2019 di Kementerian Agama Jakarta. Untuk informasi daftar peserta tes, ruangan, waktu dapat di unduh link ini : Peserta dengan nama dari huruf abjad A – K. Peserta dengan nama dari huruf abjad L – Z. (lrf/sam)

Share This