Gedung FITK, BERITA UIN Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) bakal menggelar kegiatan Student Day 2018 untuk menyambut mahasiswa baru (maba) FITK usai PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kampus) pada Jum’at (31/8/2018) di Gedung FITK.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni (Wadek III) FITK Dr Fauzan MA menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan maba FITK menjadi mahasiswa sebenarnya dalam memahami jati dirinya sebagai mahasiswa.

“PBAK bersifat general, itu ruang lingkupnya universitas, maka FITK perlu mengadakan pengenalan secara maksimal dari sisi budaya akademik fakultas,” ujar Fauzan pada rapat koordinasi Narasumber Student Day, Selasa (28/8/2018) di ruang teater Prof Dr Mahmud Yunus lt 3 FITK.

Ditambahkannya, perlu ada hantaran kedua untuk menjembatani maba memasuki dunia baru, yaitu dunia akademik agar mereka tidak shock.

“Kalau tidak dijembatani khawatir shock. Kita arahkan mereka mengenal dunia akademik, kiat diskusi, cara menyusun makalah, dan penelusuran talenta,” imbuh Fauzan.

Selain itu, sambung Fauzan, dari data yang diterima, hampir secara keseluruhan maba yang berjumlah sekira 1070 orang memiliki prestasi, di antaranya juara olimpiade quran, prestasi bidang sains, olahraga, maupun seni.

“Ini perlu diarahkan agar bisa mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sesuai dengan potensi mereka, sehingga bisa berkembang dan prestasinya bisa masuk dalam catatan SKPI,” tandasnya.

Fauzan juga menyampaikan, dalam waktu dekat akan mengundang wali mahasiswa untuk diberikan informasi seputar fakultas dan perkuliahan yang akan diikuti maba.

“Biar ada komitmen dari wali mahasiswa, sehingga mereka mengetahui dimana anaknya kuliah, bagaimana kondisi kampusnya, bagaimana sistem pembelajarannya, sehingga terjalin silaturahim antara wali mahasiswa dan kampus,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut maba akan diberikan materi tentang Menjaring Talenta Mahasiswa, Membangun Tradisi Menulis Ilmiah, Teknik Merancang Makalah, Teknik Diskusi dan Bertanya, dan Manajemen Waktu dengan 33 narasumber dari lulusan terbaik FITK yang sudah menyelesaikan program magister. (mf)

Share This