Ciputat, BERITA UIN Online— Kepala Bagian Umum UIN Jakarta, Encep Dimyati MA, mengungkapkan Rumah Susun Sederhana untuk Mahasiswa (Rusunawa) UIN Jakarta siap ditempati mahasiswa tahun ini. Hal dimungkinkan karena pembangunan fisik dan ketersediaan meubelair gedung Rusunawa UIN Jakarta sendiri telah selesai dan tersedia.

Hal itu disampaikan Encep usai mendampingi Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA, menerima secara simbolis kunci gedung Rusunawa dari Kepala Satker Pengembangan Perumaha Ditjen Penyediaan Perumaha Kementerian PUPR Bismar Staniarto S.T., M.Sc., di Ciputat, Kamis (11/4/2019).  Serah terima kunci ini menandai terselesaikannya gedung Rusunawa UIN Jakarta yang didanai oleh hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

“Alhamdulillah, gedung sudah terselesaikan dengan baik. Tinggal beberapa pekerjaan seperti penataan taman. Jadi Insya Allah tahun ini, Rusunawa tahun ini sudah siap ditempati,” ujarnya.

Encep menuturkan, Rusunawa sendiri terdiri dari empat lantai. Keempat lantai ini memuat 50 kamar tidur sekaligus ruang belajar. Dari jumlah 50 kamar, dua kamar diantaranya diperuntukkan bagi mahasiswa difabel. Masing-masing kamar, bisa memuat empat orang mahasiswa. Dengan begitu, gedung asrama ini bisa memuat 200 orang mahasiswa.

“Peruntukannya adalah mahasiswa UIN Jakarta, apakah mahasiswa dari dalam negeri atau mahasiswa asing akan diputuskan di rapat pimpinan. Termasuk apa saja kewajiban bagi mahasiswa yang jadi penghuninya,” katanya lagi.

Diketahui, perencanaan dan pembangunan gedung Rusunawa sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pembangunan gedung ini merupakan kerja sama antara UIN Jakarta dan Kementerian PUPR. Seluruh pendanaan pembangunan didanai langsung oleh hibah Kementerian PUPR, sedang UIN Jakarta hanya menyiapkan lahannya saja.

Rusunawa dibangun dengan tipe 24 berlantai empat di atas lahan seluas sekitar 3.000 meter persegi. Lahan tersebut berada di Jalan Kertamukti Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten. Gedung dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi di tiap lantai, ruang belajar, ruang loby, dapur, balkon, dan ruang pertemuan. (Zae)

Share This