Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Utusan Khusus Australia untuk Kerja Sama Organisasi Konferensi Islam (OKI), Ridwaan Jadwat, dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta pada Jumat (20/9/2019) mendatang. Jadwat akan menyampaikan topik bertajuk “Muslims in Australia: A Story of Cultural and Religious Diversity”.

Demikian siaran pers SPs UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (12/9/2019. Dalam kuliah umum tersebut, Jadwat di antaranya akan memaparkan mengenai sejarah dan kehidupan umat Muslim di Australia serta peranannya di bidang sosial dan ekonomi termasuk di pemerintahan.

Sebagai seorang Muslim dan diplomat, kiprah Jadwat banyak memiliki peran penting dalam menjalin hubungan harmonis antara Australia dan negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Bahrain, Iran, dan Mesir. Tak hanya itu, ia juga sangat menaruh perhatian terhadap perkembangan Islam di Asia Tenggara.

Ridwaan Jadwat adalah pejabat senior di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Belum lama ini ia menjabat sebagai Asisten Sekretaris dan Kepala Kebijakan, Satuan Tugas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia 2018 di Departemen Perdana Menteri dan Kabinet (PM&C). Sebelumnya ia juga pernah bertugas di luar negeri sebagai Konselor, Kedutaan Besar Australia di Kuala Lumpur dan Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Australia di Tehran, Iran.

Di Canberra, ia pernah menjabat sebagai Asisten Sekertaris, Asia Tenggara dan Selatan, Amerika dan bagian Timur Tengah, serta Direktur ASEAN bagian EAS, DFAT. Sejak 2018, pria yang lahir pada 19 Mei 1972 ini kini menjadi Duta Besar di Kerajaan Arab Saudi.

Ridwaan Jadwat memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (1993) dan Sarjana Hukum (1996) dari Universitas Sydney, Australia. (ns)

Share This